Soal Tambang Rakyat, Gus Falah Tegaskan NU Siap Bantu Negara

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 22:09 WIB
loading...
Soal Tambang Rakyat, Gus Falah Tegaskan NU Siap Bantu Negara
Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) mengatakan, NU siap membantu negara dalam persoalan tambang rakyat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) mengatakan, NU siap membantu negara dalam persoalan tambang rakyat. Menurutnya, agar ketika pertambangan rakyat dilegalkan, pasokan emasnya dapat diserap dengan baik.

Gus Falah menyatakan, ketika pertambangan rakyat dilegalkan, maka NU sebagai ormas Islam besar sekaligus bagian dari civil society siap untuk membantu negara.

"Ketika membuka Muktamar NU ke-34 di Lampung akhir 2021, Presiden Jokowi sudah menawarkan konsesi pertambangan minerba pada generasi muda NU," ungkap Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/8/2023).

"Dan tawaran ini diucapkan lagi oleh Menteri Investasi Pak Bahlil Lahadalia, nah bila usulan itu dikoneksikan dengan tawaran Presiden, NU sebagai bagian dari masyarakat sipil siap turut membantu negara dalam sektor pertambangan," tambahnya.

Anggota Komisi VII DPR RI itu melanjutkan, jangan sampai izin usaha pertambangan (IUP) maupun Izin Pertambangan Rakyat (IPR) dikuasai oleh kelompok tertentu, seperti pengusaha atau korporasi.

Gus Falah menyatakan, legalisasi pertambangan rakyat bisa menjadi momentum bagi pemerintah untuk melakukan penataan sektor pertambangan rakyat agar lebih berkeadilan.

"Selain itu penataan pertambangan rakyat juga penting dilakukan, agar kegiatan pertambangan yang menerapkan kaidah penambangan yang baik seperti memelihara lingkungan dan menjamin keselamatan pekerja bisa diterapkan, sehingga insiden penambangan di Desa Pancurendang, Kabupaten Banyumas, beberapa waktu lalu tak terulang lagi," jelas Gus Falah.

Gus Falah menegaskan, NU sebagai representasi umat, pasti melakukan kegiatan pertambangan yang mendatangkan kemaslahatan bagi umat.

"NU juga mengamalkan ajaran Islam tentang hablum minal alam, sehingga kegiatan pertambangan yang dilakukan tidak menghancurkan lingkungan. Maka, kontribusi NU menjadi penting ketika penataan pertambangan rakyat dilakukan," tambah Putra dari ulama NU Ponorogo, KH Amru Al Mu’tasyim itu.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)