Perjalanan Karier Militer dan Politik Prabowo Subianto, Eks Danjen Kopassus yang Menjabat Menteri Pertahanan RI

Senin, 14 Agustus 2023 - 11:21 WIB
loading...
A A A
Namanya sempat masuk bursa Calon Presiden (Capres), namun kalah suara dengan sejumlah tokoh lain. Keluar dari partai berlambang pohon beringin, Prabowo mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada 2008.

Melalui kendaraan politiknya inu, Prabowo menjadi bakal calon presiden (bacawapres) mendampingi Megawati Soekarnoputri di Pilpres 2009. Namun, hasilnya kurang sesuai yang diharapkan.



Pada tahun 2014, Prabowo mencalonkan diri sebagai presiden. Waktu tu, dia berpasangan dengan Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa.

Namun, Prabowo kembali mengalami kekalahan. Kali ini, mereka kalah dari pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Belum menyerah, Prabowo kembali maju pada Pilpres 2019. Kali ini, dia menggandeng Sandiaga Uno yang sebelumnya menjabat Wagub DKI Jakarta.

Pada pemilihan yang berlangsung, pasangan Prabowo-Sandi kalah dari Jokowi-Ma’ruf Amin. Dalam pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Prabowo ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) RI. Posisi ini masih dijabatnya sampai sekarang.

Prabowo akan kembali bertarung pada Pilpres 2024. Terbaru, dia juga telah mendapat dukungan dari Partai Golkar dan PAN.

Itulah sedikit ulasan mengenai perjalanan karier militer dan politik Prabowo Subianto, purnawirawan jenderal bintang tiga yang kini menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) RI.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)