Ratusan Prajurit TNI AL Ikut Sosialisasi BPIP

Rabu, 29 Juli 2020 - 20:18 WIB
loading...
A A A
Dia juga mengatakan, tugas fungsi BPIP yakni untuk membantu Presiden untuk merumuskan arah dan kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Menyusun rekomendasi terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat,” tuturnya.

Acara ini juga menurut dia, sebagai langkah sosialisasi Ideologi Pancasila kepada TNI AL. Pemahaman Pancasila, kata dia, perlu kembali diterapkan oleh masyarakat.

“Saat ini masyarakat sudah sangat jauh dari nilai-nilai Pancasila. Hal demikian perlu untuk dibangkitkan kembali pemahaman terkait hal itu (Pancasila-red),” tuturnya.

KSAL menambahkan, sudah puluhan tahun pihaknya tidak diberikan penataran tentang Pancasila. Maka itu, dia mengucapkan terima kasih atas penataran yang diberikan oleh BPIP.

"Setelah 30-an tahun, baru sekarang penataran Pancasila dikenalkan kembali. TNI AL memulai penataran Pancasila, yang vakum dilakukan sejak Tap MPR No 2/MPR/1978 dicabut tahun 1998," tuturnya.

Di tempat yang sama, Sestama BPIP Karjono mengatakan, pembinaan ideologi Pancasila sudah sepatutnya untuk digencarkan kembali. Hal demikian untuk tameng generasi penerus bangsa agar tidak lupa dengan nilai-nilai Pancasila.

“Apalagi saat ini anak-anak muda atau generasi milenial menjadi incaran untuk melunturkan nilai-nilai Pancasila. Maka itu, BPIP perlu diberikan keleluasaan untuk memberikan pemahaman Pancasila terhadap masyarakat,” tuturnya.

Dia juga sempat menyinggung soal implementasi nilai-nilai Pancasila yang sudah diterapkan bangsa ini. Salah satunya, Sila Kelima. “Infranstruktur yang terus dikerjakan oleh pemerintah merupakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)