Pengamat Sebut Cawapres Ganjar Harus Punya Gagasan soal Pemuda

Minggu, 06 Agustus 2023 - 11:16 WIB
loading...
Pengamat Sebut Cawapres...
Menuju Pilpres 2024, PDIP telah mengerucutkan lima nama kandidat nama calon wakil presiden (Cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo, Minggu (6/8/2023). Foto/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - PDIP telah mengerucutkan lima nama kandidat nama calon wakil presiden (Cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo . Dari lima nama yang telah mengerucut tersebut tim harus menggodok kelayakan yang dapat menutupi kekurangan Ganjar.

Lima nama yang sebelumnya mengerucut dikatakan Petinggi PDIP Puan Maharani di antaranya Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Pengamat Politik dari Populi Center, Usep S Ahyar mengatakan, dari lima nama telah muncul mendampingi Ganjar Pranowo harus mempertimbangkan hal. Di antaranya pemilih berlatar belakang usia muda, latar belakang geografis, latar belakang agama, dan kecocokan dengan Ganjar.



Lebih detail dia mengatakan, dilihat dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperlihatkan mayoritas atau sebesar 51,93 persen pemilih pada Pemilu 2024 akan diisi oleh anak muda yang berusia 40 tahun ke bawah. Artinya, anak muda akan menentukan hasil Pemilu 2024.

Sejauh ini tiga calon presiden Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan terus berebut mengambil hati calon pemilih usia muda. Meski Ganjar memiliki kecenderungan lebih tinggi dari ketiganya namun Usep menilai ketiganya masih cenderung pada gaya atau style yang digemari anak muda bukan program yang dirancang.

"Harus menjadi catatan bahwa anak muda saat ini bukanya hanya style. Anak muda saat ini pemilih kritis yang memiliki kemampuan riset karena dekat dengan teknologi. Para calon predisiden atau yang akan mendampingi harus mengedepankan program yang ditawarkan," kata Usep saat dihubungi MNC Portal, Minggu (6/8/2023).

Dia menilai dari lima calon yang telah mengerucut nama Sandiaga Uno san Erick Thohir menjadi orang yang dekat dengan anak muda. Namun, mereka juga harus memperhatikan problematika yang dialami anak muda.

"Misal memberikan perhatian khsusu pada lapangan pekerjaan, perumahan. Itu masalah yang dihadapi pemuda," tambahnya.

Kemudian, hal lain yang harus diperhatikan tim mencari pendamping Ganjar Pranowo ialah wilayah. Ganjar memiliki posisi yang kuat di Jawa Tengah, sehingga harus mencari calon pendamping yang lemah seperti di Jawa Barat, Banten, dan Sumatera.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)