BNPT Gandeng BPS Tanggulangi Terorisme

Rabu, 28 Desember 2016 - 10:35 WIB
BNPT Gandeng BPS Tanggulangi Terorisme
BNPT Gandeng BPS Tanggulangi Terorisme
A A A
JAKARTA - Beberapa program penanggulangan terorisme ada selama ini belum fokus, terutama menyangkut data dan statistik. Maka itu diharapkan sinergi Badan Pusat Statistik (BPS) dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menjadi solusi untuk untuk menyusun langkah baru bersama 25 kementerian dan lembaga.

Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama penyediaan serta pemantapan data dan informasi statistik dalam rangka penanggulangan terorisme. MoU sebagai bagian dari pelibatan kementerian dan lembaga dalam penanggulangan terorisme.

"Masalah terorise banyak variabelnya seperti kemiskinan, sosial ekonomi, meski landasannya masalah ideologi," ujar Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius melalui siaran pers yang diterima SINDOnews, Selasa, 27 Desember 2016 malam.

Dia mengakui tidak mungkin menanggulangi terorisme tanpa melibatkan pihak lain. Apalagi, kata dia dalam penanggulangan terorisme harus dilakukan dari hulu sampai hilir.

"Dengan demikian program penanggulangan terorisme bisa lebih efektif dan lebih baik," ucapnya. (Baca: Polri Sebut Teroris di Purwakarta Berkaitan Kelompok Cigondewah)

Kepala BPS Suhariyanto menilai kerja sama ini pertama kali yang dilakukannya dengan BNPT. Dia berharap momentum ini menjadi awal lebih baik untuk menyusun kerja sama lebih erat antara BNPT dan BPS ke depan.

"Silakan memanfaatkan data BPS. Dari MoU ini kita akan susun indeks risiko terorisme, sehingga suatu saat nanti, indeks ini bisa sampai level kabupaten dan kota, sehingga bisa jadi dasar monitoring yang komprehensif," ucap Suhariyanto.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5618 seconds (0.1#10.140)