HUT BNPT, Mendesain Karakter Generasi Muda dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Sabtu, 29 Juli 2023 - 22:01 WIB
loading...
A A A
Untuk merealisasikannya, Ary menilai perlu ditanamkan fondasi wawasan kebangsaan atau nasionalisme sejak dini maupun pada kurikulum di SD,SMP dan SMA, bahkan kepada generasi milenial dan zelenial, sehingga kesadaran bernegara, wawasan kebangsaan dimiliki oleh mereka.

Selain itu, Ary juga menambahkan, perlu ditanamkan nilai-nilai moral dasar yang biasa disebut 7 Budi Utama guna memperkuat karakter anak bangsa. "Segenap bangsa Indonesia harus memegang teguh nilai jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil dan peduli. 7 Budi Utama inilah yang harus selalu digaungkan, diajarkan dan harus ditujukkan dalam keseharian," kata Ary.

Salah satu peran strategis yang perlu dimaksimalkan untuk menjaga generasi bangsa dalam mewujudkan Indonesia Emas adalah fungsi pencegahan paham radikal yang mengarah kepada terorisme. Ary mengatakan, BNPT merupakan suatu organisasi yang perlu diperkuat eksistensinya dalam merawat kebhinekaan di Indonesia.

Terorisme menimbulkan teror, ketakutan, kerusakan, ganguan keamanan bahkan korban jiwa. Untuk itu, penting untuk ditanamkan nilai luhur, kebhinekaan dan nasionalisme kepada anak bangsa agar memiliki kewaspadaan terhadap bahaya laten tersebut. Mengingat mereduksi dan mengeliminir ideologi intoleran, radikalisme dan terorisme merupakan kunci untuk menjamin generasi emas yang tangguh dan berintegritas untuk menahkodai Indonesia di masa mendatang.

Ary mengatakan peran BNPT semakin lama semakin terasa bahwa bangsa ini bisa bersatu, bisa tenang, karena ada kerja keras dan usaha totalitas dari BNPT. Tentunya tugas ini membutuhkan sinergi dan partisipasi multipihak.

"Saya harap BNPT terus maju, terus bersemangat untuk membangun Indonesia Sejahtera, Indonesia bersatu damai tanpa radikalisme," kata Ary.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)