Dahsyat! Jenderal Kopassus Ini Andalkan Perang Psikologis untuk Lumpuhkan Ratusan Anggota GAM

Minggu, 23 Juli 2023 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Din Minimi tidak sendiri. Ia bersama ratusan pengikutnya dengan senjata lengkap. Anggota GAM itu pun langsung mengepung Sutiyoso bersama dua anaknya.

"Akhirnya saya bertiga aja. Kita ke tempat dia. Dikepung 120 orang di tempat Din Minimi. Kalau mau populer bantai saja atau saya disandera tetapi kan saya bukan bonek (bondo nekat). Saya ada latar belakang, ada keyakinan gitu," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sutiyoso yang kenyang pengalaman menghadapi situasi genting dan memiliki kemampuan intelijen, tak gentar dikepung ratusan orang bersenjata. Dengan tenang, mantan Danrem 061/Suryakencana itu lalu mengajak Din Minimi untuk berdialog.

"Saat itu saya bawa pistol, anak buah saya bawa AK. Saya juga bawa cadangan magazine penuh, sudah saya kokang saya kunci. Untuk jaga-jaga," tuturnya.

Perang psikologi pun mulai dilakukan Sutiyoso.

"Sempat saya ngomong, Din, aku ini hanya 3 orang mana menang lawan 120 orang. Kenapa saya berani, karena saya percaya kamu, maka saya minta kamu percaya juga," katanya.

"Tapi aku juga ngomong, Din, aku bertiga bawa senjata enggak apa-apakan? itu semuanya saya declare aja, supaya dia paham macam-macam, kamu mati juga, kira-kira begitu. Saya bilang sama mereka jangan konyol," ujar Sutiyoso.

Dialog berlangsung cukup lama dan alot hingga akhirnya Din Minimi menyerah dan bersedia kembali ke pangkutan Ibu Pertiwi.

"Jam 5 pagi dia baru final menyerah. Walaupun dia kaku tapi sempat bilang kepada anak buahnya untuk menyerah. Kemudian 10 orang mambawa senjata 60 senjata, diserahkan langsung ke Jakarta diantar bupatinya," kata Sutiyoso.

Senjata yang dimiliki kelompok Din Minimi, kata Sutiyoso, merupakan peninggalan sisa-sisa konflik dahulu karena masih ada senjata yang belum diserahkan. Tidak menutup kemungkinan senjata yang diselundupkan dari perbatasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)