Membangun Desa Melalui Pariwisata

Senin, 17 Juli 2023 - 19:49 WIB
loading...
A A A
Dana yang dikelola pemerintahan desa tersebut, diharapkan mampu untuk mewujudkan desa wisata dan memberikan multiplier effect bukan hanya untuk masyarakat di desa tersebut tapi juga desa sekitar, seperti membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar desa.

Desa Wisata yang Berkelanjutan
Pembangunan desa wisata merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu yang mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Meski demikian, pengembangan Desa Wisata masih harus terus dilakukan dengan sejumlah tantangan yang perlu diatasi.

Salah satu perbaikan yang sangat diperlukan adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini karena pariwisata merupakan sebuah industri yang sangat bergantung pada sentuhan dan interaksi manusia. Terwujudnya pariwisata merupakan interaksi dari manusia yang melakukan wisata yang berperan sebagai konsumen yaitu pihak-pihak yang melakukan perjalanan wisata/wisatawan dan manusia sebagai produsen yaitu pihak-pihak yang menawarkan produk dan jasa wisata.

Terlebih, aktivitas pariwisata yang diusung dalam konsep Desa Wisata ini mutlak membutuhkan komunikasi dan interaksi antara masyarakat lokal dengan wisatawan. Koordinasi dan pemahaman terhadap tata kelola pariwisata yang berkelanjutan juga menjadi tantangan serius.

Beberapa desa wisata menghadapi masalah seperti kerusakan lingkungan, kehilangan identitas budaya, dan eksploitasi masyarakat lokal, yang berujung pada merosotnya kunjungan wisatawan. Oleh sebab itu, penting bagi pemerintah, masyarakat lokal, dan pihak terkait lainnya untuk bekerja sama dalam pengembangan desa wisata dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan, pengelolaan sumber daya, dan partisipasi masyarakat.

Selanjutnya yang juga perlu diperhatikan dalam pembangunan desa wisata ialah perbaikan dalam tata kelola di sisi keuangan (fiskal). Pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien sangat penting dalam pengembangan dan pertumbuhan desa wisata.

Alokasi dana yang tak sedikit digulirkan oleh pemerintah pusat dan daerah seharusnya mampu dikelola dengan baik untuk pembangunan desa wisata. Perencanaan yang matang, pengelolaan yang baik, peningkatan kapasitas pengelola, monitoring dan evaluasi secara berkala, merupakan hal yang perlu terus diperkuat didalam pelaksanaan.

Pengembangan desa wisata dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan perekonomian di suatu wilayah, bahkan nasional. Hal tersebut karena pengembangan desa wisata bukan hanya berguna untuk peningkatan ekonomi, melainkan juga untuk pelestarian potensi alam dan budaya.

Oleh karenanya, dukungan dari pemerintah sebagai pendorong pengembangan desa wisata perlu disinergikan pula dengan masyarakat sebagai pihak yang terlibat langsung dalam mewujudkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Semoga.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)