Menuju Destinasi Wisata Prioritas Kini Semakin Mudah

Sabtu, 15 Juli 2023 - 22:02 WIB
loading...
A A A
Apa yang dilakukan ASDP saat ini, lanjut Taufan, sejalan dengan apa yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dalam kebijakan pariwisatanya. “Kapal semakin bagus fasilitas semakin baik. Peran ASDP selaras dengan gagasan presiden Jokowi dalam membangun destinasi wisata super prioritas,” tegasnya.

Taufan pun mengaku sering menggunakan jasa angkutan penyeberangan ASDP saat melakukan wisata petualangan. “Sering, saat adventure dari Bali ke Lombok, Lombok ke Sumbawa, juga dari Jawa ke Bali,” sebutnya.

Dia pun menyarankan ASDP untuk terus melakukan kolaborasi dengan swasta, misalnya dengan agen perjalanan untuk memperluas pasar. “Semacam ada bundling antara paket wisata dengan layanan paket ASDP,” katanya.

Di usainya yang sudah setengah abad, tak sekadar sektor wisata, ASDP juga dinilai memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional melalui kelancaran transportasi logistik.

Direktur Utama perusahaan logistik LookmanDjaja, Kyatmaja Lookman yang juga pengurus AsosiasiPengusaha Truk Indonesia mengatakan, di usianya yang ke-50 tahun, pelayanan ASDP semakin baik dan tak lagi ditemukan kendala saat truk-truk logistik menyeberang antarpulau.

“Contohnya penyeberangan antarpulau di Ketapang-Gilimanuk, Merak-Bakauheni, pelayanannya sangat baik. Lancar dan tak ada kendala,” paparnya. Salah satunya karena sudah ada layanan pemesanan tiket digital.

“Pelayanan semakin baik, sehingga berpengatuh terhadap ongkos logistik. Dulu antreannya panjang banyak calo, sekarang bisa beli tiket di rest area dan online. Sehingga membantu mengurangi antrean,” paparnya.

Waktu tempuh kapal juga dinilau lebih cepat, sehingga tak ada waktu tunggu yang menyebabkan pembengkakan biaya logistik yang akan berpengaruh kepada harga barang. “Sejauh ini kami pengusaha logistik puas dengan layanan ASDP,” katanya.

Pembenahan dan Peningkatan Kinerja

Dalam rangka optimalisasi layanan pelabuhan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus menambah fasilitas penunjang bagi pengguna jasa di Pelabuhan Merak dan Bakauheni.Dikutip dari keterangan resminya,
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)