Menuju Destinasi Wisata Prioritas Kini Semakin Mudah

Sabtu, 15 Juli 2023 - 22:02 WIB
loading...
A A A
Aplikasi Ferizy, lanjut Soni, sangat membantu masyarakat untuk mempercepat perjalanan. “Jadi kita tak perlu turun dari mobil untuk membeli tiket di loket ASDP di pelabuhan. Adanya aplikasi Ferizy tentu sangat membantu wisatawan domestik maupun mancanegara untu melakukan perjalanan dengan kapal penyeberangan,” cetusnya.

Transformasi digital yang dilakukan ASDP, memang menjadi salah satu ujung tombak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Direktur The National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi kepada SINDOnews mengatakan, dalam ekosistem pariwisata nasional, peran ASDP sangat penting karena menghubungkan masyarakat ke destinasi wisata.

“Perannya sangat vital, dan akan lebih baik lagi jika ASDP terus melakukan inovasi. Misalnya masuk ke dalam bisnis wisata kapal pesiar. Sehingga tidak hanya bergantung pada bisnis penyeberangan antarpulau dan antarselat,” ujarnya.

Siswanto mengatakan, nilai lebih yang dimiliki ASDP salah satunya yakni tarif yang sangat terjangkau. “Untuk Bali ke NTB misalnya, jika menggunakan angkutan udara mahal, sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan ASDP. Ini yang membuat ASDP bisa terus bertumbuh kinerjanya,” sebutnya.

Dia mengatakan, ASDP bisa memberikan kontribusi yang besar, tak hanya dari sisi deviden kepada pemerintah tetapi juga kontribusi terhadap perekonomian nasional. “Labuhan Bajo, Danau Toba itu destinasi baru yang memerlukan ASDP,” paparnya.

Digitalisasi yang dilakukan ASDP, menurut Siswanto, membuat kinerjanya semakin baik. “Penjualan tiket bisa diawasi langsung. Selain itu, juga memudahkan masyarakat,” paparnya.

Siswanto pun menyarankan agar ASDP mengoptimalkan bisnis terminal. Dengan skema dikelola sendiri atau disinergikan dengan pihak lain misalnya Pelindo, sehingga pendapatan akan lebih baik.

“Ada destinasi wisata prioritas yang hanya bisa diakses dengan ASDP. Di Indonesia timur masih perlu ASDP, tidak akan overlap dengan Pelni karena ASDP jarak pendek,” paparnya.

Sedangkan Pengamat Pariwisata Taufan Rahmadi menilai, akeseibilitas menjadi salah satu kunci untuk mengembangkan kawasan wisata agar didatangi wisatawan. “BUMN bisa mengambil peran. Nah, bicara ASDP mereka semakin bagus, memudahkan wisatawan mengunjungi destinasi widata,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4341 seconds (0.1#10.140)