Menuju Destinasi Wisata Prioritas Kini Semakin Mudah

Sabtu, 15 Juli 2023 - 22:02 WIB
loading...
Menuju Destinasi Wisata Prioritas Kini Semakin Mudah
Suasana di kawasan danau toba yang menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas. Foto: SINDOnews
A A A
PEMERINTAH melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mendorong sektor pariwisata di Tanah Air semakin populer di dunia. Salah satu upayanya adalah dengan mempromosikan 5 destinasi super prioritas di Indonesia. Empat dari lima destinasi super prioritas itu adalah kawasan wisata air, yakni Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sejumlah wisatawan tampak santai menunggu kapal untuk menyeberang ke pulau Onanrunggu Samosir di dermaga Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Terdapat banyak pelabuhan di beberapa kabupaten yang menyediakan jalur penyeberangan ke Samosir.

Setiap pelabuhan menyediakan pilihan jadwal kapal yang berbeda. Namun, Hardi (40), bersama rombongan kawannya memilih dermaga Muara. Dia dan teman-temannya menumpang KMP Kaldera Toba milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). “Lokasinya lebih dekat dari tempat kami menginap, dan jarak tempuhnya hanya satu jam,” ujarnya kepada SINDOnews.

Dia mengungkapkan, kini layanan angkutan penyeberangan yang disediakan PTASDPIndonesia Ferry (Persero) semakin maju dibandingkan beberapa waktu lalu. Salah satu yang dirasakan Hardi adalah pemesan tiket yang kini bisa dilakukan secara online melalui ponsel.

ASDP memang telah merilis aplikasi pemesanan tiket mobile bernama Ferizy yang hadir untuk memudahkan pengguna jasa dalam memesan tiket. “Antrean tunggu juga tak seperti dulu. Sekarang sangat tertib, rapi dan lancar,” ungkapnya.

Proses keluar masuk kendaraan kedalam kapal, lanjut dia, juga tertib dan lancar. Petugas ASDP dinilai proaktif memberikan pengumuman dan panduan kepada penumpang saat hendak naik dan turun dari kapal. “Perjalanan selama satu jam tak terasa. Kapal berjalan tenang, sehingga kami bisa menikmati pesona Danau Toba dengan leluasa,” cetusnya.

Saat ini, ASDP mengoperasikan KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba dan KMP Ihan Batak, dan 2 bus air yakni KMP Jurung-Jurung dan KMP Asa-Asa untuk melayani masyarakat dan pengguna jasa di Kawasan Danau Toba.

Tak hanya di Danau Toba, di kawasan lainnya, pelayanan yang baik juga dirasakan oleh pengguna jasa ASDP. Soni Riharto (54) salah satunya. Warga Elang Bintaro, Tangerang Selatan itu menilai, saat ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan jalur darat untuk melakukan wisata.

“Karena infrastruktur jalan sudah tersambung kemanapun tujuan kita,” ucapnya. Dia memberikan contoh, dirinya memilih melakukan perjalanan darat untuk berwisata ke Mandalika dengan mengendarai Mercedes Benz V250 Viano berkelir hitam milikinya bersama enam keluarganya.

“Dari pulau Jawa ke Bali menyebrang menggunakan kapal penyeberangan, begitupula dari Bali ke NTB. Di pelabuhan layanan cukup cepat, antrean hanya 15 menit saja,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)