Sesepuh dan Pentolan Arus Deras Indonesia Kumpul di Sungai Rongkong, Luwu Utara, Ada Apa?

Jum'at, 14 Juli 2023 - 11:49 WIB
loading...
A A A
baca juga: Jajal Wisata Arung Jeram di Selamanik Ciamis, Sandiaga: Ini Desa Wisata Berkelas Dunia!

Pria asal Toraja pemegang Swiftwater Rescue Colorado yang pernah menjadi pemandu wisata arung jeram pada beberapa sungai di Amerika ini, kini mengembangkan usahanya pada bidang produksi perahu karet dan berbagai perlengkapan arung jeram.

Acara yang digelar setiap tahunnya di Sungai Rongkong ini, juga dihadiri oleh Jhon Lede, anggota Mapala Aryancala Trisakti, Jakarta, yang juga turut mendirikan FAJI. Jhon Lede juga adalah salah seorang pemandu senior dan assesor yang sudah lebih dari 30 tahun bergelut di dunia arung jeram.

Hadir pula Ketua Asosiasi Kayak Kano Indonesia, Toto HP Triwindarto. Pria asal Jawa Tengah alumnus Sekolah Instruktur Kayak Arus Deras di Newzealand ini, juga salah seorang pendiri Instruktur Guide Kayak dan Senior Guide Kayak pada Operator Kayak Laut Archioelago Kayak Infonesia.

Pada gelaran ASEAN GAMES XVIII Tahun 2018, Toto menjadi Koordinator Rescue pada cabang olahraga Canoe Slalom yang digelar di Bendung Rentang, Majalengka, Jawa Barat.

Selain itu juga hadir Presiden Indonesia River Boarding Asosiation (IRA), Toni Rahmat Eot. Lulusan Sekolah Arung Jeram dan Sekolah Basick White Water ini pernah menjadi Koordinator Rescue pada Kejuaraan Dunia River Boarding 2013.

baca juga: Intip Serunya Menparekraf Sandiaga Uno Jajal Wisata Arung Jeram di Desa Wisata Buluh Duri Sumut!

“Para dedengkot arung jeram Indonesia ini akan berada di Sungai Rongkong bersama para peserta Jambore Nasional Arus Deras Indonesia II, yang datang dari berbagai daerah di Indonesia hingga 17 Juli 2023,” kata Suaeb Laibe, Panitia Jamnas Arus Deras Indonesia II.

Sekilas Sungai Rongkong

Sungai Rongkong memiliki panjang sekitar 108 kilometer, melintasi dua wilayah yaitu Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu. Pengunjungbisa menikmati pemandangan yang ada di sepanjang Sungai Rongkong berupa hutan tropis serta flora dan fauna endemik. Sungai ini berhulu di Pegunungan Kambuna dan berhilir di Teluk Bone.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)