DPR Akan Umumkan Komposisi Pansus Pemilu di Rapat Paripurna

Jum'at, 28 Oktober 2016 - 10:28 WIB
DPR Akan Umumkan Komposisi Pansus Pemilu di Rapat Paripurna
DPR Akan Umumkan Komposisi Pansus Pemilu di Rapat Paripurna
A A A
JAKARTA - DPR bergerak cepat merespons surat presiden dan draf terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu yang diserahkan ke parlemen beberapa waktu lalu. Siang ini, DPR akan membacakan surat tersebut sekaligus mengumumkan nama-nama anggota panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, pembahasan RUU Pemilu menjadi perhatian bersama antara pemerintah dan DPR. Pasalnya, hingga kini belum ada regulasi yang mengatur soal penyelenggaraan pemilu. Sementara tahapan pemilu serentak sudah akan dimulai.

"Kita harapkan seluruh anggota Pansus sudah ada dan kita umumkan dalam Paripurna. Setelah itu baru kita serahkan kepada masing-masing anggota Pansus," ujar Taufik saat dihubungi Sindonews, Jumat (28/10/2016).

Taufik melanjutkan, setelah nama-nama anggota Pansus diumumkan, selanjutnya akan dipilih pimpinan Pansus serta mekanisme ataupun jadwal yang berkaitan dengan kerja Pansus.

"Kalau nanti disepakati semua fraksi, Pansus akan tetap kerja meski saat reses," imbuh Taufik.

Wakil ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini memprediksi, Pansus RUU Pemilu ini akan banyak melibatkan tokoh-tokoh partai politik atau fraksi di DPR. Hal itu mengingat banyaknya kepentingan partai politik yang ingin diakomodasi dalam RUU Pemilu.

"Pansusnya pantas besar. Jadi tergantung dari keputusan masing-masing fraksi. Karena penting, mereka yang dimasukkan dalam Pansus Pemilu ini adalah tokoh-tokoh partai masing-masing atau tokoh fraksi," ucap Taufik.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0364 seconds (0.1#10.140)