Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cisumdawu

Selasa, 11 Juli 2023 - 10:50 WIB
loading...
Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cisumdawu
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu) pada pagi hari ini di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023). Foto/BPMI Setpres
A A A
SUMEDANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jJlan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu) pada pagi hari ini di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang dan Dawuan sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang ke Tol Cipali," ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/7/2023).



Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan Tol Cisumdawu telah dimulai pada tahun 2011. Dan, kata Jokowi, karena alasan pembebasan lahan Tol Cisumdawu baru bisa diresmikan hari ini.

"Dan supaya kita semuanya tahu Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan utamanya urusan pembebasan lahan pembebasan tanah," jelas Jokowi.

Dalam Tol Cisumdawu terdapat dua terowongan kembar (twin tunnel) dengan panjang mencapai 472 meter. "Ini di seluruh Indonesia tidak ada jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi hari ini," kata Jokowi.

Jokowi berharap dengan beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati.

"Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun yang dari pemerintah Rp9,07 triliun sisanya dari KPPU dari swasta," ungkapnya.

Selain itu, Jokowi menyebut bahwa dengan telah selesai diresmikannya Tol Cisumdawu maka Bandara Kertajati akan menjadi bandara masa depan yang lebih baik. Sebab dirinya mengungkapkan sudah banyak negara-negara luar yang ingin berinvestasi.

"Karena sekarang sudah dimulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equity-nya ber-partner di Airport Kertajati. Baik untuk mengoperasikan juga untuk meningkatkan traffic lalu lintas penerbangan yang ada ini yang kita harapkan," papar Jokowi.



"Kalau saya hanya melihat, kalau negara lain berbondong-bondong ingin masuk artinya di Kertajati ini ada sesuatu. Dan kita harapkan ini menjadi negara besar di masa yang akan datang," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2545 seconds (0.1#10.140)