Kominfo Lakukan Penelusuran 35 Juta Data Paspor Diduga Bocor

Rabu, 05 Juli 2023 - 23:15 WIB
loading...
Kominfo Lakukan Penelusuran 35 Juta Data Paspor Diduga Bocor
Kominfo telah melakukan penelusuran atas dugaan adanya kebocoran data pribadi 34.900.867 juta penduduk Indonesia yang dikaitkan dengan data paspor. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) melakukan penelusuran atas dugaan adanya kebocoran data pribadi 34.900.867 juta penduduk Indonesia yang dikaitkan dengan data paspor. Penelusuran dugaan kebocoran dilakukan bersama sejumlah lembaga negara lainnya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo , Semuel A Pangerapan menyatakan, penelusuran dilakukan pada Rabu 25 Juli 2023 dengan berkoordinasi pada pihak-pihak terkait sesuai ketentuan yang berlaku yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

"Melakukan penelusuran atas adanya dugaan kebocoran data pribadi 34.900.867 juta penduduk Indonesia yang dikaitkan dengan data paspor," kata Samuel dalam laman resmi Kominfo, Rabu (5/7/2023).



Meski demikian hingga malam ini pukul 20.00 WIB, tim masih bekerja dan sejauh ini belum dapat menyimpulkan telah terjadi kebocoran data pribadi dalam jumlah yang masif seperti yang diduga.

"Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan beberapa tahap pemeriksaan secara hati-hati terhadap data yang beredar," tambahnya.

Pihaknya akan terus melakuka penelusuran dan penyelidikan secara mendalam dan akan terus memberikan hasil penyelidikan. Pihaknya juga meminta agar seluruh penyedia platform digital dan pengelola data pribadi semakin meningkatkan keamanan data pribadi.

"Pengguna sesuai ketentuan perlindungan data pribadi yang berlaku serta memastikan keamanan sistem elektronik yang dioperasikan," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3830 seconds (0.1#10.140)