Mengenal Meatimiarang, Pulau Kecil Terluar NKRI yang Disambangi Mahfud dan Tito

Kamis, 15 Juni 2023 - 17:53 WIB
loading...
Mengenal Meatimiarang, Pulau Kecil Terluar NKRI yang Disambangi Mahfud dan Tito
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Muhammad Tito Karnavian, saat menyambangi masyarakat Pulau Meatimiarang, Maluku. foto: dok BNPP
A A A
MALUKU - Tak banyak masyarakat Indonesia yang mendiamipulau-pulau kecil terluar milik Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ),dikunjungi pejabat pemerintah pusat bahkan daerah. Dan keberuntungan itu dirasakan langsung masyarakatPulau Meatimiarang, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku .

baca juga: Dari Maluku, Mahfud MD dan Tito Karnavian Pimpin Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan 2023

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam ) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Muhammad Tito Karnavian , berkesempatan menyambangi masyarakat Pulau Meatimiarang, yang letaknya berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste.

Kunjungan Mahfud dan Tito, pada Kamis (15/6/2024), dalam rangkaian pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan ( Gerbangdutas ) 2023, yang digagas Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) .

Menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU dan didukung helikopter angkut Agusta Westland (AW) milik Polri, Mahfud dan Tito bertolak dari Bandara Pattimura, Ambon, dan tiba di Pulau Meatimiarang berselang sekitar dua jam perjalanan udara.

Di Pulau Meatimiarang, Mahfud dan Tito berdialog dengan satuan tugas pengamanan pulau terluar (Satgas Pamputer) sekaligus mengecek sarana dan prasarana yang dibutuhkan di pulau tersebut.

baca juga: Tito Minta BNPP Kawal Alokasi Dana Pembangunan Terpadu ke Perbatasan Maluku Tepat Sasaran

Tak hanya itu, Mahfud MD dan Tito juga turut memberikan bantuan kepada Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dan masyarakat yang ada di pulau yang hanya berpenghuni 17 kepala keluarga (KK). “Pernah dengar Pulau Meatimiarang? Belum kan?" tulis Mahfud melalui akun Instagram pibadinya @mohmahfudmd, Kamis (15/6/2024).

Masih dalam unggahannya, Mahfud menyerukan semangat untuk membangun Indonesia khususnya di daerah terluar dan terdepan. “Tetap semangat membangun Indonesia dari pinggiran sesuai dengan Nawacita Presiden Jokowi,” kata Mahfud.

Pulau Meatimiarang yang memiliki luas 13,29 kilometer persegi ini, awalnya adalah pulau tak berpenduduk yang hanya dihuni oleh Satgas Pamputer dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kini, Pulau Meatimiarang dihuni oleh 17 KK yang mata pencahariannya adalah nelayan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)