Dari Maluku, Mahfud MD dan Tito Karnavian Pimpin Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan 2023

Selasa, 13 Juni 2023 - 22:53 WIB
loading...
Dari Maluku, Mahfud MD dan Tito Karnavian Pimpin Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan 2023
Menko Polhukam Mahfud MD (kanan) dan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian (kiri) dalam suatu kesempatan kunjungan kerja ke Sabang, Aceh. foto: dok BNPP
A A A
MALUKU - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam ) Mohammad Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Muhammad Tito Karnavian dijadwalkan memimpin pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2023.

baca juga: Canangkan Gerbangdutas 2022, Mahfud MD: Jangan Main-main dengan Batas Wilayah Indonesia

Sebagai rangkaian pencanangan gerakan nasional serentak ini, Menko Polhukam Mahfud MD selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Mendagri Tito Karnavian selaku Kepala BNPP, akan melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan dalam kunjungan kerja ke Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku, pada 14-15 Juni 2023.

Masih dalam agenda tersebut, Mahfud MD dan Tito Karnavian akan melakukan kunjungan ke Pulau Meatimiarang, salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) Indonesia yang berbatasan dengan perairan Timor Leste dan Australia.

baca juga: Gerbangdutas 2022 Upaya Pemerintah Tegakkan Kedaulatan dan Tingkatkan Kesejahteraan

Mahfud MD dan Tito beserta rombongan akan menyambangi Pulau Meatimiarang, Kabupaten MBD, Maluku, dengan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU, didukung oleh helikopter angkut Agusta Westland (AW) milik Polri.

Pulau Meatimiarang yang memiliki luas 13,29 kilometer persegi ini awalnya adalah pulau tak berpenduduk yang hanya dihuni oleh Satgas Pamputer dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kini, Pulau Meatimiarang dihuni oleh 17 kepala keluarga (KK) yang mata pencahariannya adalah nelayan.

Di Pulau Meatimiarang ini, Mahfud MD dan Tito akan berdialog dengan satuan tugas pengamanan pulau terluar (Satgas Pamputer) sekaligus mengecek sarana dan prasarana. Tak hanya itu, Mahfud MD dan Tito juga turut memberikan bantuan kepada Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) dan masyarakat yang ada di pulau.

baca juga: PLBN Badau, Wajah Keren Indonesia di Perbatasan

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris BNPP Robert Simbolon menjelaskan, pencanangan Gerbangdutas 2023, adalah gerakan nasional serentak sebagai simbol dimulainya pembangunan di kawasan perbatasan negara untuk tahun berjalan sesuai dengan rencana kerja pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)