Beda Generasi, 3 Jenderal Lulusan Terbaik Akmil Bersatu di Ring 1 Jokowi

Jum'at, 02 Juni 2023 - 07:48 WIB
loading...
A A A
Lulus dari SMAK 1 Penabur, Bandung, pria kelahiran Simargala, Tapanuli Utara (Sumatera Utara) itu memutuskan untuk menempuh pendidikan Akabri Darat (sekarang Akmil). Pendidikan militer itu dilalui secara cemerlang. Status lulusan terbaik Akmil 1970 melekat padanya.

Karier militernya diwarnai dengan banyak penugasan dan palagan pertempuran. Salah satunya Operasi Seroja di Timor Timur (kini Timor Leste). Di tempat ini pula Luhut mendapatkan kisah memilukan. Pasukan Kopassandha dihujani tembakan fretilin, mengakibatkan sejumlah anak buahnya gugur.

“Delapan anak buah saya langsung gugur sebagai syuhada. Belum lagi anggota Kopassandha dari kelompok lain,” kata Luhut dalam akun Facebook miliknya, dikutip Kamis (1/6/2023).



Bagi Luhut, Operasi Seroja Timor Timur pada 7 Desember 1975 itu sangat membekas, sekaligus menjadi kenangan pahit. Dikenal sebagai perwira tegas dan cerdas, karier Luhut sesungguhnya mulus.

Dia pernah ditugaskan sekolah antiteror di Jerman Barat bersama juniornya, Prabowo Subianto (kini Menteri Pertahanan). Namun karena kedekatannya dengan Jenderal TNI Benny Moerdani membuat dia tidak pernah merasakan jabatan-jabatan strategis di TNI AD.

Bahkan karier militernya berakhir lebih cepat karena ditugaskan Presiden BJ Habibie untuk menjadi Duta Besar RI untuk Singapura. Di era Presiden Gus Dur, mantan Danpusdikpassus Kopassus ini dipercaya sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan.

Namun kariernya benar-benar meroket bahkan menjelma sebagai sosok sangat krusial di era Presiden Jokowi. Dimulai sebagai KSP, Luhut kemudian menjadi orang kepercayaan Jokowi. Hingga saat ini, tak kurang 13 jabatan pernah melekat di pundaknya.

Begitu pentingnya keberadaan Luhut, sering kali oleh warganet dia dijuluki sebagai menteri segala urusan bahkan sampai sebutan ‘the real president’. Luhut ringan menanggapi sebutan itu.

“Saya dibilang menteri segala macam. Karena saya enggak mau mengerjakan itu sendiri. Saya harus ajak orang lain. Jadi saya panggil, kalau menyangkut masalah energi saya panggil Kementerian ESDM, begitupun yang lainnya," ujar Menko Luhut dalam wawancara khusus bersama MNC Portal Indonesia (MPI) di kantornya, Rabu (9/2/2022).

2. Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

Beda Generasi, 3 Jenderal Lulusan Terbaik Akmil Bersatu di Ring 1 Jokowi

Foto/Dok SINDOnews
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)