Upaya Melestarikan Mangrove sebagai Penjaga Batas Laut dan Daratan

Jum'at, 26 Mei 2023 - 04:16 WIB
loading...
Upaya Melestarikan Mangrove sebagai Penjaga Batas Laut dan Daratan
Media gathering ngobrol santai konservasi dan penanaman mangrove, dengan tema Mangrove Jakarta Untuk Siapa? di Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (25/5/2023). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mangrove atau tanaman bakau menjadi salah satu unsur yang bisa menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. Pasalnya dengan adanya mangrove di pesisir, maka batas antara lautan dan daratan bisa terjaga.

Pandangan ini terungkap dalam media gathering ngobrol santai konservasi dan penanaman mangrove, dengan tema Mangrove Jakarta Untuk Siapa? di Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (25/5/2023).

Mangrove ini ekosistem yang sangat unik. Ini sesuatu yang harus kita lindungi. Karena dia yang menjadi penyeimbang, pembatas, antara di laut dan di darat," kata Direktur Program Kelautan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Muhammad Ilman dalam diskusi santai tersebut.
Upaya Melestarikan Mangrove sebagai Penjaga Batas Laut dan Daratan

Ilman memaparkan, bahwa mangrove Indonesia luasnya 3,36 juta hektare pada 2021 dan tertinggi di dunia. Dari jumlah tersebut, lahan mangrove paling luas terdapat di Maluku dan Papua, yakni 1,79 juta ha.

"Salah satunya adalah di Suaka Margasatwa Muara Angke, dengan luas areal 25,02 hektare. Jadi semakin menunjukkan bahwa mangrove ini sangat penting untuk terus dilindungi, apalagi bagi kita terutama di perkotaan ini," jelas Ilman.



Sementara Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Mufti Ginanjar menambahkan, pelestarian dan penanaman mangrove merupakan upaya untuk mencegah pemanasan global yang berkaitan dengan perubahan iklim.

"Nah ini peran kita sebagai negara kepulauan, untuk merespons isu pemanasan global. Berkaitan juga dengan perubahan iklim. Karena juga kita sebagai negara Kepulauan itu sangat bergantung dengan kondisi mangrove," ungkapnya.

"Tentu peran Indonesia sangat penting dalam mitigasi perubahan iklim. Maka restorasi mangrove akan sangat berpengaruh terhadap iklim global," tambahnya.

Oase di Tengah Perkotaan


Menurut Mufti, Suaka Margasatwa Muara Angke ini seperti oase di tengah perkotaan. Walaupun luasan kecil, tentu akan berpengaruh terhadap sampah, polusi, mengurangi polutan, dan fungsinya diharapkan berjalan optimal.

"Ternyata di utara Jakarta, di sela-sela perumahan yang sangat padat, masih ada hutan mangrove. Juga merupakan habitat flora dan fauna, di mana ada enam jenis mangrove," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)