Pilpres 2024, Masyarakat Dinilai Ingin Kepemimpinan Sipil-Militer

Minggu, 21 Mei 2023 - 06:06 WIB
loading...
Pilpres 2024, Masyarakat Dinilai Ingin Kepemimpinan Sipil-Militer
Wacana kolaborasi sipil-militer makin menguat di masyarakat. Hal ini bisa menjadi pertimbangan yang menentukan untuk keterpilihan capres dan cawapres di 2024. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wacanakolaborasi sipil-militer makin menguat di masyarakat. Hal ini bisa menjadi pertimbangan yang menentukan untuk keterpilihan capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Pandangan ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Sekretariat Bersama Ganjar Nusantara, Tomson Manurung di Jakarta. Tomson mendorong partai koalisi harus mempertimbangkan faktor kalangan militer dalam memilih calon Cawapers Ganjar Pranowo.
Pilpres 2024, Masyarakat Dinilai Ingin Kepemimpinan Sipil-Militer

Tomson Manurung bersama Presiden Jokowi. Foto/Ist

"Pasangan Pak Ganjar dengan Pak Moeldoko disuarakan masyarakat diberbagai daerah. Melihat kedekatan kedua tokoh ini, merupakan pasangan yang ideal melanjutkan Program dan pembangunan yang dibuat oleh Presiden Joko Widodo," ujar Tomson dalam keterangannya, Minggu (21/5/2023).



Tomson menjelaskan beberapa faktor pasangan ini harus terealisasi. Pertama, Ganjar adalah anak ideologis Soekarno dan dibesarkan di lingkungan marhaenis.

"Pak Ganjar juga cucu dari Kiai Hisyam memiliki nama kecil Muhammad Qosim berdasarkan (keterangan Gus Baha). Beliau dulu santri Kiai Hisyam," ujarnya.

"Menurut Gus Baha, Kiai Hisyam memang merupakan ulama yang sangat disegani dan dihormati di matanya. Dari uraian Gus Baha tentu ke-NU-an Pak Ganjar tidak diragukan lagi," tambahnya.

Sedang Moeldoko dalam pandangan Tomson merupakan militer tulen, peraih Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama 1981.

"Karier yang moncer dan luar biasa dari Pak Moedoko sehingga beliau sangat memahami geopolitis dan geostrategis, kelak memudahkan kerja Pak Ganjar sebagai Presiden," ungkap Tomson.

Tomson menilai, masyarakat di berbagai daerah menyuarakan dalam kepemimpinan ke depan berharap pada pasangan sipil-militer adalah suatu keharusan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)