Jaga Kerukunan Umat Beragama, Dai Harus Memiliki Wawasan Kebangsaan

Kamis, 18 Mei 2023 - 17:55 WIB
loading...
A A A
Pembina Yayasan Raudhatul Mustariyah ini menegaskan, perlunya sikap moderat dalam beragama semata-mata untuk menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa Indonesia. Para penceramah sudah semestinya memiliki kedalaman ilmu yang ditunjukkan dari caranya menyampaikan perkara agama pada umatnya.

Syarif mengungkapkan, kunci memiliki sikap atau pandangan moderat dalam beragama adalah menambah wawasan, ilmu, teman diskusi, mau menerima perbedaan, memahami adab dalam berbeda, dan tidak merasa benar sendiri.

"Ketika dari ustaz, kiai, ulama, dan para penceramah, terutama yang muda punya semangat itu, insyaAllah semangat moderasi beragamanya pasti akan terus menyala. Dia akan selalu mencari hal-hal yang solutif, yang sekiranya nilai manfaatnya lebih besar daripada mudharatnya," katanya.

Syarif berpesan agar para dai selalu menyampaikan kebenaran dengan cara yang benar, melakukan kebaikan dengan cara yang baik, serta melarang kemungkaran dengan tidak melakukan kemungkaran.

"Itu hal-hal yang penting untuk dipahami oleh para tokoh agama, penceramah, pemuka agama, khususnya penceramah muda yang ada di Indonesia," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)