Buat Vaksin Hingga Obat untuk Corona, TNI Gandeng Perguruan Tinggi

Rabu, 29 April 2020 - 08:19 WIB
loading...
Buat Vaksin Hingga Obat untuk Corona, TNI Gandeng Perguruan Tinggi
TNI bakal menggandeng perguruan tinggi guna melakukan penelitian dan pengembangan membuat vaksin, serum atau obat untuk melawan virus Corona atau Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bakal menggandeng perguruan tinggi guna melakukan penelitian dan pengembangan dalam membuat vaksin, serum atau obat untuk dapat melawan virus Corona atau Covid-19. Nantinya penelitian tersebut dilakukan di Laboratorium Kesehatan Militer.

"TNI kerja sama di bidang penelitian dan pengembangan untuk mencari solusi baik itu vaksin maupun serum atau obat yang bisa menangkal virus. Ini dilakukan di laboratorium kesehatan militer yang bekerja sama dengan perguruan tinggi," ujar Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Sisria dalam diskusi secara online, Selasa (28/4/2020).

Sisriadi mengungkapkan, dalam konteks penanganan pandemi Covid-19, TNI telah bekerja sama dengan berbagai pihak yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kerjasama yang paling utama tentu dengan Kementerian Kesehatan dari tingkat pusat sampai ke unsur yang baling depan di daerah.

"Dibidang kesehatan kuratif, TNI menyediakan fasilitas kesehatan dan tenaga medis untuk memperkuat kapasitas perawatan pasien, sedangkan dibidang kesehatan preventif, TNI membantu sosialisasi dan edukasi masyarakat secara door to door," ungkapnya.

Dibidang pengamanan jaring sosial, lanjut Sisriadi, TNI bersinergi dengan berbagai komponen masyarakat menyiapkan dan/atau mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi oleh pandemi Covid-19.

"Sinergi TNI-Polri yang sudah terbentuk dimanfaatkan untuk memperkuat pelaksanaan program-program prioritas yang telah ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19," tuturnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)