Resmi Jadi DPO Kasus Senpi Ilegal, Dito Mahendra Masih Diburu Bareskrim

Selasa, 09 Mei 2023 - 15:55 WIB
loading...
Resmi Jadi DPO Kasus Senpi Ilegal, Dito Mahendra Masih Diburu Bareskrim
Dir Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro menyatakan masih memburu Pengusaha Dito Mahendra sebagai tersangka kasus dugaan senjata api (senpi) ilegal. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bareskrim Polri menyatakan masih memburu Pengusaha Dito Mahendra sebagai tersangka kasus dugaan senjata api (senpi) ilegal. Di sisi lain, Dito Mahendra telah resmi masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 4 Mei 2023.

"Sedang dicari (Dito Mahendra)," ujar Dir Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro kepada awak media, Jakarta, Selasa (9/5/2023).



Menurut Djuhandhani, pihaknya akan langsung menangkap Dito Mahendra apabila keberadaannya sudah diketahui. "Kalau sudah diketahui, ya pasti sudah ditangkap," kata Djuhandhani.

Dalam surat DPO tersebut, berisikan; 'Daftar Pencarian Orang Nomor DPO/8/5/Res.1.17/2023 Tipidum. Atas nama, Mahendra Dito Sampurna'.

Diketahui, Bareskrim Polri sudah menetapkan Dito Mahendra sebagai tersangka kasus senpi ilegal berdasarkan gelar perkara pada 17 April 2023.

Dalam hal ini, Dito disangka melanggar Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang (UU) Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Adapun Pasal itu berbunyi, 'tanpa hak memasukkan ke Indonesia, membuat, menerima, mencoba, memperoleh, menyerahkan atau mencoba menyerahkan, menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya, atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, mengangkut, menyembunyikan, mempergunakan atau mengeluarkan dari Indonesia sesuatu senjata api, amunisi atau bahan peledak'.

Di sisi lain, Bareskrim Polri menyatakan bahwa sembilan dari 15 senjata api yang ditemukan di rumah Pengusaha Dito Mahendra diduga tidak berizin atau ilegal.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)