Deretan Pangdam Lulusan Akmil Termuda, Jebolan Kopassus dan Eks Perisai Hidup Jokowi

Minggu, 07 Mei 2023 - 06:01 WIB
loading...
Deretan Pangdam Lulusan Akmil Termuda, Jebolan Kopassus dan Eks Perisai Hidup Jokowi
Sejumlah perwira Korps Baret Merah Kopassus saat ini menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima Komando Daerah Militer ( Pangdam ) merupakan jabatan strategis yang dijabat oleh perwira tinggi (Pati) TNI dengan pangkat bintang 2 atau Mayjen TNI.

Saat ini tercatat ada 15 Pangdam di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut 4 di antaranya merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1993 dan 1994 dari kesatuan Korps Baret Merah Kopassus.



Mereka cukup dikenal di kalangan pasukan elite TNI AD sebagai Panglima Kodam (Pangdam) termuda. Siapa saja mereka, berikut ini nama-namanya:

Deretan Pangdam Lulusan Akmil Termuda, Jebolan Kopassus dan Eks Perisai Hidup Jokowi

1. Mayjen TNI Widi Prasetijono

Mayjen TNI Widi Prasetijono saat ini menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro. Abituren Akmil 1993 dari kesatuan Infanteri Kopassus ini menjadi salah satu Pati TNI termuda yang menduduki jabatan strategis.

Karier militer pria kelahiran Trenggalek, Jawa Timur pada 4 Juni 1971 ini terbilang cukup mentereng. Tercatat Widi pernah menjabat sebagai Danton Grup 2 Kopassus, kemudian Kasi Logistik Grup 1 Kopassus.

Saat berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) Widi dipercaya menjadi Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta 2011-2012. Jabatan tersebut membuatnya dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kala itu menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Kedekatan itu terus terjalin, hingga akhirnya saat berpangkat Kolonel, Widi dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi selama dua tahun sejak 2014 hingga 2016. Kariernya terus meningkat, Widi kemudian dipercaya menjadi Danrindam III/Siliwangi, Danrem 074/Warastratama.

Widi akhirnya pecah bintang menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI saat menjabat sebagai Danrem 091/Aji Surya Natakesuma, dan Kasdam IV/Diponegoro. Bintang emas di pundaknya kembali bertambah menjadi Mayjen TNI saat dipercaya menjabat sebagai Danjen Kopassus. Sebelum akhirnya diangkat menjadi Pangdam IV/Diponegoro sampai saat ini.

Deretan Pangdam Lulusan Akmil Termuda, Jebolan Kopassus dan Eks Perisai Hidup Jokowi


2. Mayjen TNI Mohamad Hasan

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993 dari kesatuan Infanteri Kopassus ini sekarang menjabat sebagai Panglima Kodam Jaya (Pangdam Jaya).

Berdasarkan data Litbang SINDOnews, M. Hasan lahir di Bandung pada 13 Maret 1971. Dia lahir dari keluarga bersuku Minangkabau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sang ayah bernama Nazir Zubir, juga merupakan anggota TNI.

M. Hasan pernah menjadi pengawal Presiden Jokowi. Saat itu, M Hasan menjabat sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Jabatan Dan Grup A Paspampres diembannya cukup lama sejak 5 Februari 2016 hingga 12 Januari 2018. Dari Istana Negara, M Hasan kemudian mendapat tugas sebagai Danrem 061/Surya Kencana pada 2018 hingga 2019.

Selanjutnya, M. Hasan kembali ke kesatuannya di Korps Baret Merah dengan menjadi Wadanjen Kopassus. Puncaknya, M. Hasan diangkat menjadi Danjen Kopassus menggantikan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa yang dipercaya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari Papua Barat.

Selama mengabdikan dirinya di TNI, M. Hasan banyak diterjunkan ke daerah operasi. Di antaranya, Operasi Timor Timur dan Operasi Irian Jaya pada 1995. Kemudian, Operasi Nemangkawi 2019. Tak hanya di dalam negeri, dia juga beberapa kali mendapat penugasan ke luar negeri.

Di antaranya, ke China sebanyak lima kali. Penugasan ke Malaysia dan Jepang masing-masing sebanyak tiga kali. Penugasan ke Vietnam 2003 dan 2006 dan Turki pada 2016 dan 2017. Tak hanya Asia, pemilik Brevet Pin Setia Waspada Paspampres ini juga pernah menjajal wilayah Eropa.

Antara lain, Perancis pada 2003 dan 2006, Yunani pada 2003, Belgia di 2005, 2006, dan 2016. Termasuk ke USA, Jerman, Inggris, Belanda, Rusia, Iran, India, Laos, Korea Selatan, dan Filipina. terakhir ditugaskan ke Australia 2017.

Deretan Pangdam Lulusan Akmil Termuda, Jebolan Kopassus dan Eks Perisai Hidup Jokowi

3. Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya

Mayjen TNI Novi Helmy saat ini menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda, Aceh. Novi Helmy merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993 dari satuan Infanteri (Kopassus).

Sosok kelahiran Bangkalan, Madura, Jawa Timur pada 10 November 1971 ini dikenal banyak melaksanakan tugas operasi. Di antaranya, Operasi Timor Timur pada 1996, operasi Tribuana 1999.

Novi juga pernah mendapat penugasan ke luar negeri antara lain Pengamanan VVIP RI 1 di Rusia pada 2013, Inggris 2004, dan Jerman 2015. Novi Helmy juga pernah menjabat sebagai Kasi Intel Kopassus, Danden Pengamanan Pribadi, Dandim 0609/Kabupaten Bandung Barat (2012-2013).

Tidak hanya itu, Novi Helmy juga pernah bertugas di lingkaran Presiden dengan menjabat sebagai Kasiops Grup A Paspampres, Wadandenpam Paspampres, Wadan Grup B Paspampres, hingga Komandan Group (Dangrup) D Paspampres pada 2013-2015.

Karier militernya terus menanjak, dia kemudian dipercaya menjadi Aspers Kaskogabwilhan III dan Pangdivif 3/Kostrad sebelum akhirnya diangkat menjadi Pangdam Iskandar Muda hingga sekarang.

Deretan Pangdam Lulusan Akmil Termuda, Jebolan Kopassus dan Eks Perisai Hidup Jokowi

4. Mayjen TNI Tri Budi Utomo

Sosok Mayjen TNI Tri Budi Utomo saat ini menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman. Lulusan Akmil 1994 dari satuan Infanteri Kopassus ini tercatat sebagai Pangdam termuda saat ini.

Karier pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah pada 6 Februari 1971 ini terbilang cukup cemerlang. Berbagai jabatan strategis pernah diembannya. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) Gultor 81 Kopassus, salah satu unit pasukan elite di Korps Baret Merah. Namanya semakin dikenal kala menjabat sebagai Komandan Grup (Dangrup) A Paspampres di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Saat itu, Tri menggantikan Kolonel Inf Mohamad Hasan.

Sempat menjabat sebagai Danrem 052/Wijayakrama dan kembali ke Korps Baret Merah dengan menjabat sebagai Wadanjen Kopassus, Tri Budi Utomo kembali dipercaya menjaga keamanan dan keselamatan Presiden Jokowi dengan diangkat menjadi Danpaspampres.

Selama bertugas di lingkaran Istana, Tri Budi Utomo menjadi perisai hidup Presiden Jokowi saat mengunjungi sejumlah negara yang tengah berkonflik. Di antaranya, saat Jokowi mengunjungi Afganistan pada Januari 2018. Termasuk lawatannya ke Ukraina yang tengah dilanda perang dengan Rusia pada Juni 2022.

Pada Senin, 27 Juni 2022, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerbitkan surat keputusan dengan nomor Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Surat tersebut berisi pergantian Danpaspampres yang sebelumnya dijabat Mayjen Tri Budi Utomo kepada penggantinya Mayjen Wahyu Hidayat Sudjatmiko. Selanjutnya, Tri Budi Utomo diangkat menjadi Pangdam VI/Mulawarman hingga saat ini.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4337 seconds (0.1#10.140)