Cak Imin Sebut Koalisi Besar Terus Diusahakan Agar Terwujud

Minggu, 07 Mei 2023 - 03:01 WIB
loading...
Cak Imin Sebut Koalisi Besar Terus Diusahakan Agar Terwujud
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan ide soal koalisi besar terus diupayakan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan ide soal koalisi besar terus diupayakan. Menurutnya, meski tidak mudah, hal tersebut harus diusahakan agar terwujud.

"Koalisi besar memang terus diusahakan, meskipun tidak mudah dan bahkan menurut Pak JK sulit terjadi, tapi namannya juga usaha siapa tahu gitu," kata Cak Imin usai pertemuan dengan Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) di Jakarta Selatan, Sabtu (6/5/2023) malam.

DI kesempatan yang sama, JK memandang bahwa ide koalisi besar merupakan wacana yang baik. Namun, secara praktiknya hal itu sulit terwujud. Pasalnya, terbentuknya koalisi besar hanya akan berujung pada dua calon presiden.



"Dan ini namanya pemilu, kalau calonnya cuma satu atau dua itu tidak dibenarkan, dalam sejarah di Indonesia tidak pernah terjadi. Minimal tiga. Demokrasi berjalan, tidak bisa dipaksakan. Kepentingannya berbeda," pungkasnya.

Wacana mengenai koalisi besar kembali muncul saat Presiden Joko Widodo mengumpulkan semua pimpinan partai politik (parpol) pendukung pemerintah, kecuali Partai Nasdem, pada Selasa, 2 Mei 2023. Adapun sejumlah pimpinan parpol komposisi koalisi besar yang diundang adalah PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Golkar, PKB, PAN, dan PPP.



Seusai pertemuan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan, pertemuan tersebut tidak membahas secara spesifik mengenai koalisi besar. Pertemuan dengan presiden banyak membahas tantangan-tantangan perekonomian ke depan.

Namun, wacana pembentukan Koalisi Besar semakin menguat setelah Partai Golkar dan PKB mengadakan pertemuan pada Rabu, 3 Mei 2023. Airlangga menjelaskan, Partai Golkar dan PKB telah mempunyai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sementara PKB bersama Partai Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).



"Dalam pembahasan selanjutnya, kita berdua berbicara koalisi besar, dan koalisi besar itu membutuhkan koalisi inti, dan koalisi inti itulah yang kita duduk bersama, di mana koalisi inti ini antara Golkar dan PKB," kata Airlangga di Restoran Hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta Pusat.

Menurut Airlangga, Partai Golkar dan PKB telah membuat tim pemenangan dalam koalisi inti itu. Dari Partai Golkar menunjuk Nusron Wahid, sedangkan dari PKB, Faisol Riza. "Jadi kedua tim ini tentu akan duduk untuk meneruskan langkah-langkah teknis," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)