Golkar dan PKB Bersepakat, PAN Gembira Wacana Koalisi Besar Bakal Terwujud

Kamis, 04 Mei 2023 - 07:26 WIB
loading...
Golkar dan PKB Bersepakat, PAN Gembira Wacana Koalisi Besar Bakal Terwujud
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar saat bertemu di Plataran Senayan, Jakarta. Foto/MPI/ACHMAD AL FIQRI
A A A
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku senang dan gembira atas terbentuknya koalisi inti yang terdiri dari Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dengan terbentuknya koalisi itu, PAN yakin rencana koalisi besar dapat terwujud.

"PAN senang dan gembira jika rencana koalisi besar yang disebut koalisi kebangsaan dapat terwujud," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, Kamis (4/5/2023).

Menurutnya, terdapat hal positif jika wacana koalisi besar dapat terwujud. Pertama, dapat mendulang suara besar lantaran memiliki basis konstituen yang luas cakupannya. Pasangan calon (paslon) yang diusung pun memiliki potensi besar memenangkan Pilpres 2024.



"Kedua pergerakan di lapangan dapat lebih efektif dan dapat dimanfaatkan untuk pendidikan politik rakyat," ujarnya.

Untuk diketahui, Partai Golkar dan PKB resmi menggagas koalisi inti untuk membentuk koalisi besar dalam menghadapi Pilpres 2024. Langkah itu diambil setelah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melangsungkan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Restoran Hutan Kota Plataran Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2023).

Airlangga menjelaskan, Partai Golkar dan PKB telah mempunyai koalisi. Partai Golkar tergabung dalam Koalisi Indoensia Bersatu (KIB), sementara PKB Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).



"Dalam pembahasan selanjutnya, kita berdua berbicara koalisi besar, dan koalisi besar itu membutuhkan koalisi inti, dan koalisi inti itulah yang kita duduk bersama di mana koalisi inti ini antara Golkar dan PKB," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)