Digadang-gadang Jadi Cawapres Ganjar, Erick Thohir: Sekarang Fokus Dulu Sama BUMN dan Sepak Bola

Sabtu, 22 April 2023 - 17:57 WIB
loading...
Digadang-gadang Jadi Cawapres Ganjar, Erick Thohir: Sekarang Fokus Dulu Sama BUMN dan Sepak Bola
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merupakan salah satu nama yang disebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai figur yang cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merupakan salah satu nama yang disebutkan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) sebagai figur yang cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Adapun Ganjar telah diumumkan sebagai calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) oleh Megawati Soekarnoputri kemarin.

Merespons namanya yang digadang-gadang menjadi cawapres pendamping Ganjar di Pilpres 2024, Erick Thohir menjawab singkat. “Sekarang fokus dulu sama BUMN dan sepak bola,” kata Erick Thohir dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (22/4/2023).

Diketahui, Erick juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan banyak tokoh yang bisa mendampingi Ganjar di Pilpres 2024, salah satunya adalah Erick Thohir.





Bahkan, Erick menjadi nama yang pertama disebutkan oleh Jokowi. "Kok nanya saya, yang cocok banyak, banyak, banyak, banyak, ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno ada Pak Mahfud ada Pak Ridwan Kamil, banyak, siapa lagi ada Cak Imin ada Pak Airlangga," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (22/4/2023).

Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam jajaran tiga besar cawapres di Pilpres 2024. Berdasarkan temuan terbaru dari lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI), elektabilitas Ketua Umum PSSI itu bersaing dengan para politisi kawakan seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.



Erick Thohir berada di posisi ketiga dengan angka 11,8%. Sedangkan Ridwan Kamil berada di urutan pertama dengan elektabilitas 19,7% dan Sandiaga Uno 18,4%.

"Selisihnya tidak terlalu jauh, tidak jauh bedanya terutama di nama teratas, Ridwan, Sandi, dan Erick," kata Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi, Jumat (21/4/2023).

Audit Forensik PSSI


Salah satu komitmen Erick di PSSI ditunjukkan dengan melakukan audit. Erick Thohir menandatangani kesepakatan dengan Ernst & Young untuk penjajakan rencana pelaksanaan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)