Pengamat Transportasi Apresiasi Kebijakan One Way oleh Kapolri

Kamis, 20 April 2023 - 12:17 WIB
loading...
A A A
"Ya apa pun model bisa-bisa saja, diterapkan situasional. Artinya, karena mudik itu tidak terlepas dari macet tapi bagaimana mengendalikan kemacetan itu aja. Dengan cara manajemen kapasitas dan ruang," pungkasnya.

Untuk mensukseskan mudik tahun 2023, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menerapkan kebijakan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa Contraflow, One Way, hingga Ganjil-Genap saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Pasti akan terjadi peningkatan arus yang menyebabkan kondisi kemacetan, karena memang kapasitas jalan terisi volume yang lebih besar dari biasanya. Sehingga kita perlu mengadakan rekayasa mulai dari ganjil-genap, one way, contraflow sampai rekayasa-rekayasa yang lain," ucap Kapolri, Sabtu (15/4/2023).

Strategi rekayasa lalin di jalan tol tersebut perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik tahun ini bisa lebih baik, aman, dan lancar. Pasalnya, pada tahun ini jumlah pemudik diprediksi akan mengalami peningkatan.

"Kita lakukan agar proses perjalanan mudik betul-betul bisa terkelola dengan baik dan masyarakat bisa sampai tujuan mudik dengan lancar dan juga harapan kita semuanya selamat," harapnya.

Kapolri mengimbau, semua masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk mengikuti seluruh aturan-aturan yang telah disiapkan demi menjamin terwujudnya keamanan dan kenyamanan.

"Ikuti aturan yang telah disiapkan agar mudik tahun ini lebih aman dan berkesan," tutupnya.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)