Cegah Stunting dan Berdayakan Masyarakat, Pemerintah Lakukan Ini

Senin, 17 April 2023 - 18:09 WIB
loading...
A A A
"Bisa jadi pengganti beras, jagung, dan gandum. Kita sejak kecil terlalu dininabobokan bahwa sumber karbohidrat seolah dari beras. Padahal ada yang lain, salah satunya ya dari sorgum," tuturnya.

"Selain sebagai makanan pokok, juga bisa dipake pakan ternak bahkan batangnya bisa diekspor untuk pengembang pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) ke Jepang," sambungnya.

Sebelumnya, Moeldoko bersama Bupati Sumba Timur melakukan panen raya sorgum pada lahan seluas 50 hektare yang dikelola oleh PT Sorgum Moelti Agriculture (SMA) di Waingapu, Rabu (12/4/2023).

Hasil Panen tersebut diperkirakan dapat menghasilkan 100 biji kering dengan 250 ton biji basah, yang berasal dari pemanfaatan benih sorgum varietas super 1.

Pada awalnya, luas lahan yang disiapkan PT SMA untuk penanaman dan pengolahan sorgum seluas 3.200 hektare. Namun, pada musim panen tahun ini, lahan yang dipakai sebesar 200 hektare. sedangkan lahan yang bisa dipanen sebesar 50 hektare dari 100 hektare yang tertanam.

"Kena serangan hama belalang pada fase kecilnya. Sisa lima puluh hektare yang kita maksimalkan," ujar Project Manager PT SMA Hermanto.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)