Labuan Bajo Banjir, Sandiaga Dorong Pemda Manggarai Barat Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Selasa, 11 April 2023 - 20:31 WIB
loading...
Labuan Bajo Banjir, Sandiaga Dorong Pemda Manggarai Barat Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana
Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (10/4/2023). FOTO/KEMENPAREKRAF
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong agar Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), meningkatkan kesiapsiagaan dan semakin tanggap bencana berkaca dari terjadinya banjir di Labuan Bajo , beberapa waktu lalu.

Dalam The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (10/4/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan banjir sempat terjadi pada 4 April 2023 akibat hujan berintensitas tinggi yang turun di kawasan Labuan Bajo. Untuk menanggulangi hal tersebut, Kemenparekraf kemudian berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Kami terus berkoordinasi dengan stakeholders terkait agar langkah-langkah mitigasi, prevensi, dan koreksi sehingga dampak bencana hidrometeorologi ini bisa kita atasi. Selanjutnya akan ada kajian intensif dan intervensi langsung," kata Sandiaga.

Labuan Bajo Banjir, Sandiaga Dorong Pemda Manggarai Barat Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Rumah di Labuan Bajo, Manggarai Barat, rusak akibat banjir. FOTO/IST

Sandiaga menekankan kesiapsiagaan tanggap bencana merupakan hal penting bagi pemerintah daerah setempat, dalam hal ini bagi Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Sebab, Labuan Bajo menjadi lokasi dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada Mei 2023.

"Kami sebagai regulator akan terus memberikan penguatan dan peningkatan ketahanan dan resiliensi destinasi pariwisata terhadap potensi bencana alam dan non alam," katanya.

Dalam kesempatan ini Sandiaga mengatakan, pihaknya telah menerbitkan pedoman destinasi pariwisata aman bencana dan akan disosialisasikan sebagai panduan untuk memitigasi risiko kondisi darurat.

"Kegiatan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana ini adalah bagian dari manajemen krisis pariwisata yang memerlukan sinergi program antar kementerian dan lembaga," kata Sandiaga.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2810 seconds (0.1#10.140)