Anies Diberikan Ruang Tentukan Cawapres 2024, PKS: Akan Ada Surprise

Kamis, 30 Maret 2023 - 20:42 WIB
loading...
Anies Diberikan Ruang Tentukan Cawapres 2024, PKS: Akan Ada Surprise
Bakal Calon Presiden (Capres) 2024 dari Koalisi Perubahan Persatuan (KPP), Anies Baswedan, diberikan ruang untuk menentukan sendiri Cawapres 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Capres) 2024 dari Koalisi Perubahan Persatuan (KPP), Anies Baswedan diberikan ruang untuk menentukan sendiri Cawapres 2024. Dengan adanya elemen ini diperkirakan akan ada kejutan.

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pipin Sopian menyebutkan, sebab dalam piagam yang telah ditandatangani Koalisi Perubahan Persatuan oleh PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat, yang menentukan Cawapres yakni Anies Baswedan .

"Di dalam piagam, koalisi yang sudah ditandatangani oleh PKS, Nasdem, dan Demokrat, setelah di situ di poin nomor 2, menentukan cawapresnya adalah Anies Baswedan. Nah akan ada elemen surprise yang disiapkan. Yaitu elemen Cawapres," kata Pipin di Kampus Fisip Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Kamis (30/3/2023).



Pipin menilai, bila Cawapres diusulkan masing-masing partai Koalisi Perubahan akan lama nantinya. Sehingga nama Cawapres sepenuhnya di tangan Anies Baswedan.

"Apabila elemen Cawapresnya ditentukan oleh partainya, itu akan lama. Maka dari itu, kami menyerahkan kepada mas Anies, untuk menentukan Cawapresnya," ucapnya.



Pipin membeberkan, kriteria Cawapres yang pas untuk pendamping Anies dalam kontestasi Pilpres 2024 yakin dapat berkontribusi untuk kemenangan hingga punya chemistry atau kedekatan dengan Bacapres.

"Kedua, minimal adalah dari kerentanan sisi politik. Maksudnya adalah tidak kasus hukum ke depannya. Ketiga adalah, dia punya visi misi yang sama dengan Capresnya, kemudian punya chemistry dengan Capresnya," tuturnya.

Sebagai informasi, Anies Baswedan masih mencari sosok yang pas menjadi pendampingnya di 2024. Sejumlah nama potensial digadang-gadang akan mendampingi Anies yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan (Aher), Andika Perkasa, hingga Khofifah Indar Parawansa.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)