Wapres Ma’ruf Amin Imbau Masyarakat Tidak Mudik Pakai Motor

Kamis, 30 Maret 2023 - 16:35 WIB
loading...
Wapres Ma’ruf Amin Imbau Masyarakat Tidak Mudik Pakai Motor
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik pada Lebaran tahun ini dengan menggunakan motor. Foto/SINDOnews
A A A
ACEH - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik pada Lebaran tahun ini dengan menggunakan motor. Mengingat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprakirakan sebanyak 123 juta orang akan ,udik dimana 20,30% di antaranya menggunakan motor.

Apalagi, risiko potensi kecelakaan dengan menggunakan motor cukup tinggi dari tahun ke tahun. “Itu berbahaya ya. Kalau bisa pemerintah meminta jangan (mudik) pakai motor. Karena itu ada mudik gratis,” ujar Wapres saat memberikan keterangan kepada awak media di sela kunjungan kerjanya di Banda Aceh, Provinsi Aceh, Kamis (30/3/2023).



Kendati demikian, Wapres tetap mengingatkan jika masyarakat terpaksa menggunakan untuk menggunakan motor pada saat mudik Lebaran tahun ini betul-betul mempersiapkan dan menjaga diri sehingga meminimalkan potensi kecelakaan.

“Oleh karena itu kita imbau supaya dia betul-betul menjaga diri dan mempersiapkan diri kalau mudik pakai motor,” katanya.

Lebih lanjut, Wapres menegaskan pemerintah telah mengantisipasi kebutuhan Lebaran, khususnya mudik. Apalagi, potensi mudik tahun ini cukup besar setelah tiga tahun dihantam pandemi Covid-19.

“Saya kira pemerintah sudah memetakan dalam rangka menghadapi lebaran baik ketersediaan pasokan yang bahan makanan minuman kebutuhan Lebaran itu memang sudah diantisipasi.”

“Dan juga kebutuhan akan mudik karena diperkirakan kan mudik ini besar karena kemarin kemarin kan terhalang, walaupun sekarang Covid belum habis betul tapi sudah lebih (baik),” sambung Wapres.

Wapres juga menegaskan pemerintah sudah menyiapkan angkutan dan jalan-jalan untuk jalur mudik, hingga angkutan transportasinya baik darat, laut, maupun udara. “Termasuk pengamanan oleh pihak kepolisian itu sudah, termasuk juga antisipasi juga yang mudik menggunakan motor yang memang banyak yang kecelakaan ya.”



“Sekarang ini kan banyak dilakukan mudik gratis ya, ini dilakukan oleh pemerintah juga, pemerintah daerah oleh berbagai komunitas maksudnya ini supaya mereka tidak mudik pakai motor. Jadi ada mudik gratis, bis-bis yang disediakan untuk mereka yang mudik,” tutup Wapres.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2454 seconds (0.1#10.140)