Taiwan Rajanya Sepeda

Sabtu, 18 Juli 2020 - 19:17 WIB
loading...
Taiwan Rajanya Sepeda
Jalur khusus sepeda yang berada di sepanjang Jalan Sudirman, Jakarta. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketika pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia, bersepeda semakin digemari oleh masyarakat di banyak negara.Tidak terkecuali Indonesia, terutama di Jakarta, di mana hampir setiap hari terlihat pria, wanita dan anak-anak bersepeda di jalanan. Sepeda bukan lagi sekadar alat transportasi, tetapi sudah menjadi tren di Jakarta.

Saat ini banyak orang di Jakarta antusias membeli sepeda lipat British Brompton yang harganya sangat mahal, bahkan sepeda harga satuan bisa mencapai harga Rp200 juta! Tetapi tahukah anda? Taiwan memiliki reputasi sebagai rajanya sepeda. Sepeda-sepeda yang di produksi oleh perusahaan Taiwan telah lama dijual ke negara-negara Eropa dan Amerika.

Bisa saja sepeda kesayangan atau komponen utama sepeda yang anda miliki sekarang ini di produksi oleh perusahaan Taiwan. Giant, MERIDA, KHS, Ideal, semuanya adalah perusahaan sepeda Taiwan yang terkenal secara internasional. Merek sepeda populer lainnya seperti Liv, Momentum, ASTER, AXMAN, dll juga merupakan merek Taiwan. (Baca juga: Gowes Makin Ngetren, Pembelian Sepeda Melonjak hingga 9 Juta Unit)

Banyak merek sepeda Eropa dan Amerika seperti Trek, Specialized, Schwinn, Bianchi, Birdy, FUJI, dll juga telah menugaskan produsen Taiwan sebagai Original Equipment Manufacture (OEM). Menurut statistik, nilai produksi tahunan sepeda dan suku cadang yang diproduksi di Taiwan saja telah melampaui Rp50 triliun, yang merupakan lebih dari setengah dari total nilai produksi sepeda di seluruh dunia!

Sebenarnya tidak hanya sepeda jadi yang dirakit oleh pabrik Taiwan dijual secara global, tetapi komponen sepeda yang diproduksi oleh perusahaan Taiwan juga menempati posisi penting dalam rantai produksi sepeda global. Misalnya perusahaan KueiMeng Taiwan (disingkat: KMC) adalah perusahaan produksi rantai sepeda terbesar di dunia, dengan pangsa pasar global lebih dari 70%, yang berarti bahwa tidak peduli merek sepeda apa pun yang anda kayuh, rantai sepedanya kemungkinan besar di produksi oleh KMC Taiwan.

Selain itu, transmisi sepeda merek terbesar di dunia adalah Shimano dari Jepang, dan merek terbesar kedua adalah SRAM. Pabrik yang bertanggung jawab untuk produksi dan desain transmisi SRAM berlokasi di Taiwan, transmisi nirkabel elektroniknya SRAM menguasai tren dunia.

Sedangkan untuk merek ban sepeda yang sudah dikenal seperti KENDA, MAXXIS, dan lainnya semuanya adalah merek Taiwan. Alexrims, perusahaan pelek aluminium sepeda terbesar di dunia juga merupakan perusahaan Taiwan. Pelek aluminium perusahaan ini menguasai lebih dari separuh pasar global. Suku cadang yang diproduksi oleh perusahaan Taiwan lainnya seperti rangka sepeda, bantalan kursi, pedal, rem, dll juga dijual di seluruh dunia, dengan pangsa pasar lebih dari 50%.

Singkatnya, Taiwan menempati posisi terdepan dalam industri sepeda di dunia. Selama menyebut soal sepeda, tidak bisa tanpa menyebutkan Taiwan!

Dalam beberapa tahun terakhir, sepeda listrik (e-bike) secara bertahap menarik perhatian konsumen di Eropa dan Amerika Serikat. Taiwan juga telah berhasil mencapai hasil yang cemerlang di pasar sepeda listrik karena pondasi industri sepeda yang mapan. Menurut statistik, sepeda listrik Taiwan menyumbang lebih dari 64% pasar Uni Eropa (UE) pada 2019, menempati urutan pertama di dunia untuk pasar UE.

Menteri Perindustrian Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita baru-baru ini menyatakan harapannya bahwa Indonesia dapat mengembangkan dan memproduksi sepeda dan komponen terkait dalam menanggapi meningkatnya permintaan sepeda oleh masyarakat Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)