Ketum PP Muhammadiyah: Ibadah Ramadan Lahirkan Pribadi Luhur

Kamis, 23 Maret 2023 - 14:27 WIB
loading...
Ketum PP Muhammadiyah: Ibadah Ramadan Lahirkan Pribadi Luhur
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, Ramadan melahirkan pribadi-pribadi luhur. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak kaum muslimin untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini. Sebab, ibadah puasa akan melahirkan pribadi-pribadi yang luhur.

"Khususnya bagi warga besar Muhammadiyah dan bagi kaum muslimin, kita memasuki Ramadan sebagaimana bulan-bulan sebelumnya dengan ta'nia marhaban ya Ramadan. Selamat datang bulan Ramadan dengan seluruh rangkaian ibadah yang ada di dalamnya khususnya untuk berpuasa Ramadan semoga puasa semakin membuat kita melahirkan pribadi-pribadi yang luhur dan utama," ujar Haedar dikutip dalam akun YouTube tvMu Channel, Kamis (23/3/2023).

Kemudian, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti juga turut mengajak umat Islam untuk menunaikan ibadah puasa dengan penuh iman dan Ridha Allah SWT. "Kepada kaum muslimin di manapun berada kami menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1444H. Mari kita menunaikan ibadah puasa dengan penuh iman dan mengharapkan ridho Allah SWT, semoga kita menjadi hamba Allah lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya," kata Abdul.



Senada, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas juga berharap kaum Muslim dapat memanfaatkan momentum Ramadan sebaik-baiknya. Hal ini agar bisa mendapatkan janji Tuhan, yang mana barang siapa yang puasa Ramadan penuh iman dan keikhlasan maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah berlalu.

"Barang siapa yang mengisi dan menegakkan malam bulan Ramadan maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah berlalu. Mudah-mudahan kita dapat mengisi dengan sebaik-baiknya dan satu Syawal kita akan menjadi kembali kepada fitrah,"katanya.



Ketua PPMuhammadiyah Dadang Kahmad meminta kepada umat Islam untuk memperbanyak ibadah-ibadah di bulan ramadan. Seperti ibadah puasa, baca Al Qur’an, sedekah hingga itikaf di masjid.

"Petiklah oleh kita pahala-pahala yang berlimpah di bulan barokah ini. Insya Allah semuanya akan menjadi limpahan kebaikan kepada kita oleh Allah SWT apabila kita nanti ditakdirkan panjang usia sampai Idul Fitri maka kita akan diampuni dosa oleh Allah dan diberikan pahala yang berlimpah,"tuturnya.

Sebagai informasi, Pimpinan Pusat (PP)Muhammadiyah menetapkan awal 1 Ramadhan 1444H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tarjdid PP Muhammadiyah.

Selain itu, PP Muhammadiyah juga menetapkan awal Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah. Di mana 1 Syawal 1444 H atau Hari Raya Idulfitri jatuh pada Jumat Pahing, 21 April 2023. Kemudian 1 Zulhijah 1444 H jatuh pada Senin Legi, 19 Juni 2023 M. Sementara itu, Hari Arafah 9 Zulhijah jatuh pada 27 Juni 2023 dan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah jatuh pada 28 Juni 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2736 seconds (0.1#10.140)