Kota Sehat Kala Pandemi

Sabtu, 18 Juli 2020 - 13:08 WIB
loading...
A A A
Kota dirancang untuk memperkuat kesehatan dan kualitas hidup penghuni kota. Pemerintah harus responsif, pihak swasta turut bertanggung jawab, dan sesama anggota masyarakat saling berempati. Pertumbuhan ekonomi kota memberi kesejahteraan dan keadilan sosial bagi masyarakat. Kota menyediakan layanan dasar kota, seperti administrasi kependudukan, fasilitas kesehatan, akses pendidikan, dan ketersediaan hunian layak.

Peremajaan kawasan padat penduduk dan kampung kumuh harus menjadi program prioritas pembangunan kota di era kebiasaan baru. Pemerintah dapat melakukan pemugaran rumah sehat, peremajaan kawasan padat/kumuh, atau pemukiman kembali. Hunian vertikal akan mengurangi kepadatan kawasan; tempat tinggal lebih lega, layak huni, dan sehat; terjamin air bersih, listrik, gas, internet untuk mendukung belajar dan bekerja di rumah.

Setiap individu, keluarga, dan masyarakat mulai terbiasa belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Rumah, perumahan, dan permukiman yang sehat menjadi fokus utama adaptasi kebiasaan baru berkota. Rencana pembangunan infrastruktur perumahan harus didukung pengembangan infrastruktur digital (jaringan internet kuat, murah/gratis), pasokan listrik memadai (hemat, murah, energi terbarukan), serta utilitas (gas, air bersih, air limbah, sampah), serta lingkungan bersih dan sehat.

Normal baru seperti jaga jarak fisik di ruang publik (transportasi massal, pasar, kantor), keluar rumah jika perlu saja dengan syarat ketat wajib memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta pola hidup bersih dan sehat harus menjadi nyawa baru adaptasi kebiasaan baru berkota. Warga didorong berjalan kaki atau bersepeda menuju ke tempat tujuan, sekaligus melakukan olahraga ringan sehingga kesehatan daya tahan tubuh tetap terjaga bugar sebagai bagian dari menahan serangan Covid-19.

Pada akhirnya, kota harus menyehatkan dan menyejahterakan warganya. Kota memberikan peningkatan kualitas dan kelayakan hidup untuk menaikkan harapan hidup, memudahkan akses ke fasilitas layanan kesehatan guna mengurangi risiko kematian, serta membentuk masyarakat agar hidup sehat dan panjang umur.
(ras)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0884 seconds (0.1#10.140)