Karier Politik Keluarga Jokowi, dari Anak Sulung hingga Adik Ipar

Selasa, 21 Maret 2023 - 16:47 WIB
loading...
Karier Politik Keluarga Jokowi, dari Anak Sulung hingga Adik Ipar
Ir. H. Joko Widodo atau biasa dikenal Jokowi merupakan Presiden Republik Indonesia yang saat ini aktif menjabat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ir. H. Joko Widodo atau biasa dikenal Jokowi merupakan Presiden Republik Indonesia yang saat ini aktif menjabat. Pada tahun 2023 ini, dia telah memasuki periode pemerintahan yang kedua setelah terpilih kembali pada 2019 lalu.

Pada kehidupan pribadinya, Joko Widodo memiliki tiga anak. Adapun salah satunya bernama Gibran Rakabuming yang saat ini tercatat tengah menjabat Wali Kota Solo.

Selain Gibran, beberapa anggota keluarga Jokowi juga diketahui tengah berkarier di sektor politik hingga pemerintahan.

Baca juga: Perjalanan Karier Jokowi: Pernah Ditipu Saat Usaha Mebel hingga Jadi Presiden Indonesia

Riwayat Karier Politik Keluarga Jokowi

Berikut perjalanan karier politik yang dimiliki keluarga beberapa anggota keluarga Jokowi.

1. Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung dari Joko Widodo dengan Iriana. Saat ini, dia tercatat tengah menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia politik, Gibran menekuni dunia bisnis dengan membuka usaha katering bernama Chilli Pari. Setelahnya, dia juga sempat membuka bisnis kuliner lain bernama Markobar.

Barulah setelahnya Gibran memutuskan untuk berkecimpung di politik. Pada tahun 2020, dia mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota Solo. Berpasangan dengan Teguh Prakosa, dia berhasil memenangkan pemilihan.

Akhirnya, awal tahun 2021 dia resmi dilantik sebagai Wali Kota Solo.

Baca Juga

2. Bobby Afif Nasution

Muhammad Bobby Afif Nasution merupakan Wali Kota Medan yang telah menjabat sejak 26 Februari 2021. Pada statusnya, dia adalah suami dari anak kedua Jokowi, yakni Kahiyang Ayu.

Sebelumnya, Bobby pernah berkarier di dunia properti menjadi Direktur Marketing Takke Group. Selain itu, dia juga pernah menjadi manajer klub sepak bola Medan Jaya di tahun 2014.

Barulah pada tahun 2020 dia terjun ke dunia politik kala menjadi calon Wali Kota Medan. Akhirnya, dia bersama Aulia Rachman berhasil terpilih dan dilantik pada 26 Februari 2021.

3. Anwar Usman

Anwar Usman adalah suami dari adik kandung Jokowi, yakni Idayati. Keduanya telah melangsungkan pernikahan pada 26 Mei 2022 di Solo, Jawa Tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)