Komandan Sat-81 Kopassus yang Sukses Jabat Pangdam, Nomor 2 Eks Perisai Hidup Presiden Jokowi

Selasa, 21 Maret 2023 - 06:03 WIB
loading...
A A A
Surat tersebut berisi pergantian jabatan Danpaspampres dari Tri Budi Utomo kepada Mayjen Wahyu Hidayat Sudjatmiko. Tri Budi Utomo selanjutnya dipercaya menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman hingga sekarang.

Selama pengabdiannya di militer, Tri Budi Utomo merupakan perwira TNI yang kenyang dengan pengalaman dan tugas operasi di antaranya Operasi Timor Timur, Operasi Irian Jaya hingga Operasi Aceh.

Tidak hanya di dalam negeri, Tri Budi Utomo juga banyak memiliki pengalaman tugas di luar negeri, antara lain Singapura, India, Malaysia, dan Australia. Bahkan, belum lama ini Tri Budi Utomo mendapat tugas mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Ukraina dan Rusia. Saat ini, kedua negara tersebut masih terlibat perang.

Sebelumnya, pada 2018 Tri Budi Utomo juga pernah mendampingi Presiden Jokowi saat mengunjungi Afganistan. Negara yang juga tengah dilanda konflik berkepanjangan.

Selain cemerlang di medan tugas, Tri Budi Utomo juga sukses di bidang akademis. Berbagai pendidikan militer terlah dilaluinya dengan baik. Lulus Akmil, dia langsung mengikuti pendidikan Susarcab Inf, Pendidikan Komando, dan Pendidikan Gultor. Kemudian, Seskoad Dikreg XLVII, Sus Pasi Ops, Sus Danyon, Sus Dandim, Sesko TNI, hingga Lemhannas.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)