Komandan Sat-81 Kopassus yang Sukses Jabat Pangdam, Nomor 2 Eks Perisai Hidup Presiden Jokowi

Selasa, 21 Maret 2023 - 06:03 WIB
loading...
Komandan Sat-81 Kopassus yang Sukses Jabat Pangdam, Nomor 2 Eks Perisai Hidup Presiden Jokowi
Mayjen TNI (Purn) Santos Gunawan Matondang (kiri) dan Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Sejumlah Komandan Satuan (Dansat)-81 Kopassus sukses menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam). Mereka memimpin di beberapa Kodam di Indonesia.

Sat-81 Kopassus merupakan satuan setingkat group yang diisi prajurit-prajurit terbaik Kopassus. Saat ini, Dansat-81 Kopassus dijabat oleh Kolonel Inf. Carles Alling.

Menelisik ke belakang, Satuan 81 Kopassus sebelumnya bernama Sat-81 Gultor Kopassus dibentuk pada 30 Juni 1982. Pembentukan pasukan khusus penanggulangan teror ini dinisiasi oleh Asisten Intelijen Hankam/Kepala Pusat Intelijen Strategis/Asisten Intelijen Kopkamtib Letjen TNI Leonardus Benjamin Moerdani.



Dalam buku yang ditulis Julius Pour, berjudul “Benny Moerdani: Profil Prajurit Negarawan” Benny menyebut perlunya membuat pasukan khusus guna menghadapi ancaman terorisme.

Guna mewujudkan gagasannya itu, Benny kemudian memerintahkan Kapten Infanteri Prabowo Subianto yang kini menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang saat itu berpangkat Mayor Infanteri untuk sekolah antiteror GSG9 di Jerman Barat.



Sekembalinya dari pendidikan, keduanya ditugasi untuk membentuk satuan penanggulangan teror di mana Luhut Bunsar Panjaitan diangkat sebagai Dansat 81 Kopassus pertama dengan wakilnya Prabowo Subianto.

Sejak didirikan, satuan ini telah dipimpin oleh 19 Dansat. Dari jumlah tersebut dua di antaranya pernah menjabat sebagai Pangdam. Mereka adalah Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang yang pernah menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka dan Mayjen TNI Tri Budi Utomo

Dansat 81-Kopassus Pernah Jabat Pangdam

Berikut ini nama-nama Dansat 81-Kopassus yang berhasil menduduki jabatan sebagai Pangdam:


1. Mayjen TNI (Purn) Santos Gunawan Matondang

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 ini merupakan Dansat-81 Kopassus ke 8. Santos Gunawan Matondang menjabat sebagai Dansat 81-Kopassus selama dua tahun sejak 2010-2012.

Selama mengabdikan dirinya di militer, pria kelahiran Jakarta, 12 Juni 1963 ini telah menduduki sejumlah jabatan strategis baik di Korps Baret Merah maupun di institusi TNI. Lulus dari Akmil, Santos Gunawan Matondang langsung mengikuti pendidikan Sussar Para, Sussarcab, dan Pendidikan Gultor pada 1988, Intel Bais hingga Free Fall.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)