Gencarkan Gerakan Zakat dan Wakaf, Kemenag Gandeng Mahasiswa Jadi Influencer

Kamis, 16 Maret 2023 - 17:07 WIB
loading...
Gencarkan Gerakan Zakat dan Wakaf, Kemenag Gandeng Mahasiswa Jadi Influencer
Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi Tohor menggandeng mahasiswa dari berbagai universitas se-Indonesia sebagai speaker sekaligus influencer literasi sekaligus eduksi zakat dan wakaf. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah gencar-gencarnya mendorong gerakan zakat dan wakaf sebagai salah satu pilar pertumbuhan sekaligus ketahanan ekonomi umat dan daerah.

Sejalan dengan gerakan tersebut, pemerintah dalam hal ini Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) semakin intens memberikan literasi sekaligus edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya dan manfaat lebih zakat-wakaf bagi kesejahteraan bangsa dan negara.



Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi Tohor mengatakan berbagai cara yang efektif, salah satunya menggandeng mahasiswa dari berbagai universitas se-Indonesia sebagai speaker sekaligus influencer literasi sekaligus eduksi zakat dan wakaf saat ini tengah dilakukan.

“Contohnya, kami menggandeng Universitas Islam Negeri KH Achmad Shidiq Jember melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam prodi Manajemen Zakat Wakaf, menggelar kuliah Umum bagi mahasiswa bertemakan Mendongkrak Animo Masyarakat Dengan Literasi Zakat Wakaf,” ujar Tarmizi Tohor kepada wartawan, Kamis (16/3/2023).

Acara yang turut dihadiri oleh Rektor Prof Dr Babun Suharto dan Dekan FEBI Dr Khamdan, lanjut Tarmizi, ternyata diikuti sangat antusias seluruh civitas akademik kampus dan mahasiswa prodi Manajemen Zakat Wakaf.

Dalam paparannya, putera asli Kabupaten Meranti ini menyampaikan bahwasanya zakat wakaf di Indonesia telah menjadi rujukan dunia Islam melalui survei World Giving Index 2022. Dalam survei tersebut, Tarmizi menyebut Indonesia dikenal sebagai negara dermawan yang memiliki tanah wakaf terluas, lembaga amil dan nazhir terbanyak.

Karena itu, harus diimbangi dengan kompetensi sumber daya manusia khususnya Amil dan Nazhir agar tata kelola zakat dan wakaf semakin profesional, transparan, dan akuntabel.

"Adanya prodi Manajemen Zakat Wakaf di UIN KHAS Jember, sejatinya menjadi langkah strategis untuk menyiapkan SDM pengelolaan zakat wakaf di Indonesia,” tutur Tarmizi.

Tarmizi menyebutkan ada 5 langkah strategis kolaborasi mahasiswa Manajemen Zakat Wakaf bersama Kemenag untuk membentuk SDM pengelola zakat wakaf yang prima. Pertama, perlunya sertifikasi Amil dan Nazhir bagi mahasiswa sebagai bekal pendamping ijazah ketika wisuda, lalu di dilanjutkan dengan pendirian laboratorium zakat wakaf sebagai praktikum mahasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3361 seconds (0.1#10.140)