Hari Ini BMKG Gelar Modifikasi Cuaca Bantu Evakuasi Korban Longsor di Natuna

Minggu, 12 Maret 2023 - 05:25 WIB
loading...
Hari Ini BMKG Gelar Modifikasi Cuaca Bantu Evakuasi Korban Longsor di Natuna
BMKG bersama BRIN, BNPB, dan TNI AU hari ini akan menggelar operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mempermudah proses evakuasi korban longsor. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) bersama BRIN, BNPB, dan TNI AU akan menggelar operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Hal itu dilakukan untuk membantu proses evakuasi korban longsor di Pulau Serasan, Natuna, Kepulauan Riau.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan, NaCl atau garam akan disemai di awan-awan hujan cumulus untuk mempercepat proses hujan agar segera terjadi sebelum memasuki Pulau Serasan, Natuna.

Proses tersebut dilakukan agar evakuasi dan pencarian korban bisa terlaksana dengan baik dan tidak terhalang oleh hujan. "Kondisi cuaca sangat berpengaruh dalam proses evakuasi dan pencarian korban. Selain itu dikhawatirkan juga terjadi longsor susulan jika hujan terus mengguyur sehingga membahayakan tim evakuasi," ungkap Dwikorita di Natuna, Sabtu (11/3/2023).



Menurut Dwikorita, BMKG bertugas menentukan awan dan titik koordinat semai NaCl atau garam. Setelahnya, garam akan diangkut dengan menggunakan pesawat milik TNI AU dan ditabur secara manual di atas awan target. "Insyaallah, operasi TMC ini dapat mempercepat proses evakuasi dan pencarian seluruh korban," katanya.

Diketahui, satu kampung tertimbun tanah longsor di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, pada Senin 6 Maret 2023. Hingga Jumat, 10 Maret 2023, jumlah korban jiwa mencapai 55 orang, 37 orang ditemukan meninggal. Sementara, 18 orang dilaporkan masih hilang.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)