Mengenal 6 Ibu Negara, Fatmawati hingga Iriana

Rabu, 08 Maret 2023 - 16:34 WIB
loading...
A A A
Lahir di Semarang pada 11 Agustus 1931 dengan nama asli Hasri Ainun Besari, Ainun merupakan seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan pernah bekerja di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Ainun menikah dengan Habibie pada 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra. Ia meninggal pada 24 Maret 2010 di Jerman karena kanker ovarium. Jasadnya dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

4. Sinta Nuriyah Wahid

Ibu negara Indonesia yang keempat, Sinta Nuriyah Wahid, adalah istri Presiden Abdurrahman Wahid. Pernikahannya dengan Gus Dur, sapaan Abdurrahman Wahid, terbilang unik karena dilakukan secara jarak jauh. Ketika menikah pada 11 Juli 1968, Gus Dur tengah berada di luar negeri untuk menempuh pendidikannya, sementara Sinta di Jombang. Karena itu, Gus Dur diwakilkan oleh KH Bisri Syansuri, kakeknya. Kedua baru berkumpul pada 1971, sepulangnya Gus Dur dari luar negeri.



Sejak muda, Sinta yang lahir pada 8 Maret 1948 ini dikenal sebagai sosok yang memiliki pemikiran kritis. Ia tercatat sebagai pendiri Yayasan Puan Amal Hayati pada 2000, yang bergerak untuk membela hak perempuan. Hingga kini, ibu empat itu masih konsisten dalam bidang pemberdayaan perempuan.

5. Ani Yudhoyono

Ani Yudhoyono menjalankan peran sebagai ibu negara saat suaminya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menjadi presiden keenam RI. Perempuan bernama asli Kristiani Herrawati ini lahir di Yogyakarta pada 6 Juli 1952. Ia menikah dengan SBY pada 30 Juli 1976 ketika usianya 24 tahun, sementara SBY baru dilantik menjadi perwira TNI.

Selain sempat dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Ani Yudhoyono aktif di berbagai organisasi, termasuk di Persit Kartika Chandra Kirana. Ia pernah pula didapuk sebagai Pelindung Nasional Women Internasional Club (WIC) dan Pelindung Utama Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

Ani Yudhoyono meninggal pada 1 Juni 2019 di Singapura karena menderita kanker darah. Ia dimakamkan keesokan harinya di TMP Kalibata, Jakarta.

6. Iriana Joko Widodo


Ibu Negara saat ini adalah Iriana Joko Widodo. Ia mendampingi presiden ketujuh Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang menjabat sejak 2014. Perempuan yang lahir di lahir di Surakarta, 1 Oktober 1963 ini menikah dengan Joko Widodo pada 24 Desember 1986. Keduanya dikaruniai 3 orang anak.

Dalam perannya sebagai Ibu Negara, Iriana setia mendampingi Jokowi di berbagai acara. Ia juga menemani Jokowi melawat ke Rusia dan Ukraina pada Juni 2022. Kunjungan mereka ke kedua negara yang tengah berperang itu membawa misi perdamaian.

Iriana tercatat pula sebagai inisiator organisasi pemerintah non profit, OASE Kabinet Indonesia Maju. Organisasi ini berperan mendukung dan menyukseskan program Kabinet Indonesia Maju, yang tentunya sesuai dengan kapasitas para anggota sebagai pendamping.
(zik)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2462 seconds (0.1#10.140)