DPP IKA Undip Ingin Alumni Punya Peran Akselerasi dalam Pembangunan IKN

Sabtu, 25 Februari 2023 - 18:08 WIB
loading...
DPP IKA Undip Ingin Alumni Punya Peran Akselerasi dalam Pembangunan IKN
Ketua DPP IKA Undip Abdul Karding (tengah) menginginkan para alumni Undip memiliki peran akselerasi dalam pembangunan IKN. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (DPP IKA Undip) resmi mengukuhkan pengurus masa bakti 2022-2027. Pengukuhan yang dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023 menginginkan agar para alumni Undip punya peran akselerasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketua DPP IKA Undip Abdul Karding mengatakan salah satu tujuan Rakernas untuk mendorong peran alumni Undip mengakselerasi pembangunan IKN. “Kita ingin mendorong agar peran alumni mengakeslerasi IKN,” kata Abdul Kadir, Sabtu (25/2/2023).

Karding menilai pembangunan IKN merupakan salah satu lompatan peradaban. Pembangunan ini dinilai memberikan dampak positif terhadap pembangunan khususnya di Indonesia bagian timur. “IKA undip akan mengambil peran di situ nanti ada isunya dan sebagainya, jadi banyak hal yang akan dilakukan,” tuturnya.



Karding meyakinkan alumni Undip mampu memberikan kontribusi kepada bangsa. Apalagi ikatan alumni juga merupakan kelompok strategis. “Termasuk ke internal kami harus memperkuat soliditas kita karena kita ini kelompok strategis maka harus memberikan kontribusi kepada alumni almameter Undip dan kepada bangsa,” tuturnya.



Di sisi lain, IKA Undip juga menaruh perhatian terhadap program hilirisasi yang dicanangkan Pemerintah Jokowi. Menurut dia, program itu harus didorong agar menumbuhkan nilai industri negara Indonesia. “Kita jadi dihitung sama negara lain, jadi kita selama ini kan cuman impor terus, kita harus punya bargaining position yang bagus,” tutupnya.

Sebelumnya, DPP IKA Undip mengukuhkan pengurus baru masa bakti 2022-2027 di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat. Pantauan di lokasi, ratusan alumni baik dari dewan pengurus dan tamu sudah menghadiri acara yang dimulai sejak siang hari ini. Pengukuhan ini merupakan rangkaian acara Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan Desember 2022.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)