Mau Jadi Penyiar? Pemred MNC Radio Network: Kuncinya Interaktif

Senin, 20 Februari 2023 - 20:07 WIB
loading...
Mau Jadi Penyiar? Pemred MNC Radio Network: Kuncinya Interaktif
Pemred MNC Radio Network, Gaib Maruto Sigit dalam Podcast Aksi Nyata Perindo bertajuk Eksistensi Jurnalisme Radio di Era 4.0. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Interaktif, menjadi salah satu kunci untuk menjadi seorang penyiar. Pandangan ini disampaikan Pemimpin Redaksi (Pemred) MNC Radio Network, Gaib Maruto Sigit dalam Podcast Aksi Nyata Perindo bertajuk 'Eksistensi Jurnalisme Radio di Era 4.0', Senin (20/2/2023).

Menurutnya, jika generasi milenial atau Gen Z ingin menjadi penyiar radio, bagian dari MNC Radio Network ini, harus memiliki pengetahuan yang luas. Hal itu bisa didapatkan dengan semakin banyak membaca dan pengalaman.

Kata dia, semakin banyak referensi dari penyiar, maka akan semakin interaktif siaran tersebut. "Interaktif itu salah satu kunci keberhasilan dari sebuah radio, makin interaktif, orang makin senang," kata Gaib.

Baca juga: Hari Penyiaran Nasional, Pendengar Radio Tumbuh saat Pandemi

Karena itu, dia membeberkan cara generasi milenial yang ingin menjadi penyiar, reporter, atau produser. Dijelaskan Gaib, pihaknya tidak menerapkan persyaratan berapa lama pengalaman di bidang yang diminati.

"Orang mau melamar kerja, dicari produser pengalaman lima tahun, yang fresh graduate gimana nasibnya?" ujarnya.

Di perusahaan yang menaungi dirinya, pria yang menempuh pendidikan ilmu jurnalistik di IISIP Jakarta ini menyebutkan, mengedepankan pengetahuan dari pelamar kerja.

Ia mencontohkan, dalam tahap seleksi nantinya pelamar akan diberikan foto salah satu tokoh. Kemudian pelamar akan diminta untuk menjelaskan fakta apa saja yang ia ketahui tentang tokoh tersebut.

"Buat teman-teman milenial, sekarang kalau kita mau tes jadi produser, reporter di Trijaya, itu bukan tes tulis. Kita itu tes pengetahuan," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)