Sambut Indonesia Emas 2045, Perindo Persiapkan Ekonomi Masa Depan bagi Pemuda

Minggu, 12 Februari 2023 - 21:27 WIB
loading...
Sambut Indonesia Emas 2045, Perindo Persiapkan Ekonomi Masa Depan bagi Pemuda
Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital DPP Partai Perindo Michael Victor Sianipar (kiri) saat berdialog dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Minggu (12/2/2023). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) akan banyak melibatkan generasi muda dalam mempersiapkan ekonomi masa depan sebagai bagian dari menyongsong Indonesia Emas 2045. Saat usia 100 tahun nanti Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, di mana masyarakat akan didominasi usia produktif.

"Isu pemuda itu kan luas, faktanya 50% penduduk Indonesia itu juga pemuda. Terlebih, diprediksi dalam proyeksi Indonesia 2045 nanti dengan adanya bonus demografi itu, seharusnya ruang untuk pemuda itu lebih banyak," kata Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan Digital DPP Partai Perindo Michael Victor Sianipar saat berdialog dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Minggu (12/2/2023).

Menurutnya, Partai Perindo yang berdasarkan survei Litbang Kompas menduduki 4 besar partai favorit anak muda, baik milenial maupun Gen Z, telah memberinya tugas mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi tantangan ekonomi ke depan. Salah satu tantangan ekonomi yang dihadapi di dunia digital adalah menghilangnya pekerjaan konvensional. Jumlah penduduk Indonesia yang diperkirakan bertambah 40 juta dari saat ini sebanyak 270 juta jiwa, maka tantangan pun semakin besar.

Baca juga: Politikus Muda Victor Sianipar Ceritakan Alasan Gabung Partai Perindo

"Jadi PR kita dan pemerintah ke depan adalah bagaimana mempersiapkan ekonomi masa depan, bukan hanya menciptakan lapangan kerja baru, tetapi juga jutaan lainnya untuk menggantikan pekerjaan yang hilang," tutur Michael.

Karena itu, Michael mengajak generasi muda memperhatikan peluang dan tantangan ekonomi kreatif di era digital ini. Partai Perindo yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu, siap menampung aspirasi pemuda guna menghadapi tantangan tersebut.

"Kondisinya ekonomi saat ini sudah banyak yang beralih ke era digital. Sekarang semua transaksi ekonomi juga terjadi di aplikasi dan banyak juga aktivitas usaha itu juga di dalam aplikasi. Jadi kita mendorong generasi muda Indonesia untuk mempersiapkan diri untuk memiliki kapasitas guna memiliki pangsa pasar masa depan," katanya.

Michael diundang dalam Podcast Aksi Nyata Perindo membahas kesempatan politik bagi kalangan anak muda di Indonesia. Michael bergabung dengan Perindo yang telah ditetapkan KPU sebagai peserta pemilu bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024, sebagai peluang besar politik bagi generasi muda.

Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia yang bertemakan Polarisasi Politik Menuju Pesta Demokrasi, Pemuda Bisa Apa? dapat disaksikan secara daring di Instagram Partai Perindo, RCTI+, Okezone, Sindonews.com, iNews.id, YouTube, Facebook, Twitter, dan Website Partai Perindo.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)