10 Perwira Tinggi TNI AD yang Masuk Daftar Mutasi Terbaru dalam Rangka Pensiun

Rabu, 08 Februari 2023 - 12:24 WIB
loading...
10 Perwira Tinggi TNI AD yang Masuk Daftar Mutasi Terbaru dalam Rangka Pensiun
Terdapat sejumlah perwira tinggi (pati) TNI AD yang masuk daftar mutasi dalam rangka pensiun. Salah satunya Mayjen TNI Tri Martono. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perwira tinggi (pati) TNI AD yang masuk daftar mutasi dalam rangka pensiun . Salah satu di antaranya adalah mantan staf khusus KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, Rabu (8/2/2023), Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan rotasi mutasi dan promosi jabatan di lingkungan TNI melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tanggal 31 Januari 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Baca juga : Daftar Lengkap Mutasi 84 Perwira Tinggi TNI

Dari total sekitar 84 perwira tinggi (pati) TNI yang masuk daftar, beberapa di antaranya diketahui sebagai Pati TNI AD yang telah memasuki masa purnatugas alias pensiun.

Berikut 10 perwira tinggi TNI AD yang masuk daftar mutasi dalam rangka pensiun.

1. Mayjen TNI Tri Martono

Mayjen TNI Tri Martono menjadi salah satu perwira tinggi (pati) TNI AD yang masuk daftar mutasi terbaru Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Sebelumnya, dia diketahui tengah menjabat staf khusus KSAD.

Melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, tanggal 31 Januari 2023, Tri dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka purna tugas.

Dalam sepak terjangnya di militer, tercatat sejumlah jabatan strategis pernah disemat alumni Akademi Militer (Akmil) 1988 ini. Di antaranya adalah Direktur Latihan Kodiklat TNI (2018-2020), Wakil Komandan Sesko TNI (2020-2021), Pa Sahli Tk.III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI (2021), Staf Khusus Panglima TNI (2021), hingga Pa Sahli Tk. Bid. Komsos Panglima TNI (2021-2022).

2. Brigjen TNI Nur Budi Asmara

Brigadir Jenderal TNI Nur Budi Asmara merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Sama halnya seperti Mayjen Tri Martono, dia juga dimutasi dalam rangka pensiun.

Sebelumnya, Nur Budi Asmara menduduki jabatan Dirum Akademi TNI. Pada keputusan mutasi tersebut, Jenderal bintang 1 ini akan beralih tugas sebagai Pati Mabes TNI AD.

3. Brigjen TNI Sasongko Hardono

Berikutnya ada nama Brigadir Jenderal TNI Sasongko Hardono. Dalam mutasi terbaru, dia akan beralih tugas dari Wakapusku TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka purna tugas.

Sebelumnya, Brigjen TNI Sasongko Hardono juga pernah menjabat Sekretaris Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat (Ses Itjenad) pada periode 2021 hingga 2022.

4. Brigjen TNI Bahram

Brigjen TNI Bahram merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990. Perwira tinggi (pati) bintang 1 tengah menjabat sebagai Inspektur Divisi Infanteri (Irdivif) 2/Kostrad, sebelum akhirnya dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sebelumnya, Brigjen TNI Bahram juga pernah menduduki posisi strategis lainnya. Sebut saja seperti Aster Kaskostrad, Danrem 063/Sunan Gunung Jati, hingga Irdam XVI/Hasanuddin periode 2017-2020.

Baca juga : Mutasi TNI, Ini Daftar Perwira Tinggi Bintang 3 yang Bersiap Tinggalkan TNI

5. Brigjen TNI Hardian Achmadi

Jenderal TNI bintang 1 ini sebelumnya menduduki posisi Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana. Pada mutasi terbaru, Brigjen Hardian Achmadi akan menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka purna tugas.

6. Brigjen TNI F.F Fransis Wewengkang

Brigadir Jenderal TNI Ferdy Fronas Fransis Wewengkang sebelumnya menjabat Widyaiswara Bidang Wilhan Seskoad. Selain itu, alumnus Akmil 1987 ini juga pernah menduduki posisi Dirajenad (2018), Pa Sahli Tk. II Kasad Bidang LH (2021), hingga Kapok Sahli Pangdam Jayakarta (2022).

Pada mutasi terbaru akhir Januari 2023 lalu, Brigjen TNI Fransis Wewengkang beralih menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

7. Brigjen TNI Tjatur Winarsanto

Berikutnya ada nama Brigjen TNI Tjatur Winarsanto. Jenderal bintang 1 ini dimutasi dari jabatan Dirum Puskesad menjadi Pati Mabes TNI dalam rangka purna tugas.

8. Brigjen TNI Ardi Kartono

Brigjen TNI Ardi Kartono juga menjadi salah satu perwira tinggi (pati) TNI AD yang masuk daftar mutasi terbaru Panglima TNI. Sebelumnya, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 ini menjabat sebagai Pa Sahli Tk. II Kasad Bidang Ekku.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, tanggal 31 Januari 2023, dia akan beralih tugas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

9. Brigjen TNI Andi Kaharuddin

Brigadir Jenderal TNI Andi Kaharuddin merupakan alumnus Akmil tahun 1988. Beberapa waktu yang lalu, dia baru saja dimutasi dari jabatan Inspektur Basarnas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka purna tugas.

Sejumlah jabatan strategis lain yang pernah diduduki di antaranya adalah Kasubdispensat Dispenad (2013-2020) dan Kapok Sahli Pangdam XIV/Hasanuddin (2020-2022).

10. Brigjen TNI Herdiyana Prahbudi

Terakhir ada nama Brigjen TNI Herdiyana Prabhudi. Jenderal TNI bintang 1 ini dimutasi dari posisi Irren Irben Itjenad menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)