PKS Ogah Ikut Campur dalam Perjanjian Politik Anies dan Prabowo

Senin, 06 Februari 2023 - 20:24 WIB
loading...
PKS Ogah Ikut Campur dalam Perjanjian Politik Anies dan Prabowo
Anies Baswedan disebut memiliki perjanjian politik dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) enggan ikut campur dalam isu perjanjian antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Anies Baswedan saat Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. Perjanjian politik itu diungkap oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno.

"Ini masalah internal Gerindra tampaknya. PKS engga ikut-ikutan," kata Juru Bicara (Jubir) PKS Ahmad Mabruri singkat saat dihubungi, Senin (6/2/2023).

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengungkap bakal calon presiden (capres) 2024 dari Partai Nasdem, Anies Baswedan memiliki perjanjian politik dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dalam perbincangan dengan Akbar Faisal yang diunggah di kanal YouTube, Sandi menuturkan, perjanjian politik tersebut dibuat oleh Fadli Zon saat pencalonan Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta pada 2017 lalu.

Baca juga: Fadli Zon Sebut Ada 7 Poin Isi Perjanjian Anies dengan Prabowo

Sandiaga merincikan dokumen perjanjian itu bersifat tertulis yang dirumuskan langsung oleh Fadli Zon. Namun, ia enggan menjelaskan lebih detail terkait isinya.

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon membenarkan ikut menyusun perjanjian tersebut. "Kalau (perjanjian) itu ada, ada. Kebetulan saya men-draft, saya menulis," ujar Fadli saat ditemui usai acara HUT ke-15 Partai Gerindra di Kantor DPP Partai Gerindra di Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (6/2/2023).

Fadli menuturkan pada saat itu ada tujuh poin yang disepakati Anies dan Prabowo bersama dengan Sandiaga Uno. Namun, ia enggan memerinci apa saja poin dalam kesepakatan. "Ada tujuh poin. Kalau itu urusannya, urusan pilkada," katanya.

Namun, Fadli mengaku tak mengetahui saat ditanya apakah perjanjian tersebut berkaitan dengan isu Sandiaga yang sempat meminjami uang kepada Anies Rp50 miliar untuk pemenangan Pilkada 2017. "Nggak ada, ya itu lain, tanya Pak Sandi deh," ucapnya.

Baca juga: Tak Bahas Pendamping Anies Baswedan, Ini 3 Materi Pertemuan PKS-Nasdem

"Ya kan ada beberapa yang saya tahu pada waktu awal itu saya yang men-draft perjanjian untuk Pilkada DKI. Kan ada seperti kata Pak Sandiaga tadi, tanya aja Pak Sandiaga, ada beberapa hal lain termasuk terkait dengan keuangan saya tidak tahu," sambungnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)