3 Partai Pendukung Anies Baswedan Didesak Segera Deklarasi Bersama

Sabtu, 04 Februari 2023 - 23:34 WIB
loading...
3 Partai Pendukung Anies Baswedan Didesak Segera Deklarasi Bersama
Tiga partai pengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024 didesak segera deklarasi bersama. Foto: Dok Istimewa
A A A
JAKARTA - Tiga partai yang tergabung dari Koalisi Perubahan dan mengusung Anies Baswedan diminta untuk melakukan deklarasi bersama. Hal ini untuk menguatkan mantan gubernur DKI Jakarta itu maju sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 .

Hal tersebut diungkapkan Da’i Nasional Ustaz Hilmi Firdausi. Ia melihat deklarasi akan menjadi keseriusan partai politik (parpol) dalam mengusung Anies Baswedan.

“Perlu dong, ini menunjukkan keseriusan dalam mengusung Anies Baswedan sebagai kandidat capres koalisi. Dan juga akan membuat pihak lain gentar,” kata Ustaz Hilmi, Sabtu (4/2/2023).

Pengasuh Pondok Pesantren Assa’adah ini mengatakan, Anies didukung oleh umat dan dukungan tersebut akan semakin memperkuat sokongan atas ketiga partai ini.

“Jadi umat akan semakin mendukung. Saat ini jika kita lihat Anies berkeliling (ke) berbagai daerah, mendapatkan sambutan besar. Hal ini khan menunjukkan modal popularitas yang dimiliki oleh Anies,” tutur Ustaz Hilmi.

Dia menilai, waktu yang tepat untuk pendeklarasian tergantung partai di koalisi perubahan, jika secepatnya dilakukan tentu hal ini akan baik. “Contohnya sebelum Ramadhan. Jadi saat Ramadhan memiliki momentum,” tambahnya.



Sikap sama diungkapkan peneliti senior Pusat Penelitian Politik BRIN Siti Zuhro mengatakan, deklarasi bersama Koalisi Perubahan perlu dilakukan, terlebih Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS tidak ada perbedaan lagi dalam pilihan kandidat calon presiden.

Menurutnya semakin cepat dilakukan hal ini akan berdampak positif bagi kandidat calon presiden yang diusung.

“Ingat, untuk memenangkan pilpres membutuhkan waktu. Jadi lebih cepat lebih baik, sehingga waktu untuk dekat dengan rakyat semakin banyak. Saat ini sudah tidak bisa last minute, karena waktu kampanye hanya 70 hari,” kata Siti Zuhro dihubungi.

Dengan pengumuman deklarasi bersama yang dilakukan dalam waktu dekat, ini akan membuat rakyat memiliki banyak waktu untuk memantapkan pilihan. “Dan partai pengusung serta kandidat juga memiliki waktu lebih untuk berkeliling menyapa rakyat,” tambahnya.

Dia mengatakan, semakin cepat dideklarasikan akan semakin baik. “Jadi waktu yang ada dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.5309 seconds (10.177#12.26)