Makan Siang Bersama, Koalisi Perubahan Semakin Solid

Jum'at, 27 Januari 2023 - 20:46 WIB
loading...
Makan Siang Bersama, Koalisi Perubahan Semakin Solid
Anies Baswedan memberikan keterangan kepada media usai makan siang bersama Tim Kecil perwakilan Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS di kediamannya, Jumat (27/1/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Koalisi Perubahan yang diinisiasi Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) semakin solid. Tim Kecil perwakilan dari ketiga partai makan siang bersama di Pendopo Anies Baswedan , Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2023).

Makan siang ini menjadi pertemuan pertama setelah Partai Demokrat menyatakan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Terlihat hadir dalam makan siang bersama itu Sugeng Suparwoto, Willy Aditya, Tengku Riefky, Sohibul Iman, dan Sudirman Said.

"Siang hari ini kami berkumpul makan siang bersama dengan teman-teman partai koalisi dari Nasdem, Demokrat, dan PKS.Ini adalah obrolan rutin yang berlangsung terus-menerus. Banyak hal yang dibicarakan terkait beberapa update, suasananya guyub, suasananya makin solid, dan suasana siap untuk bergerak bersama," kata Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (27/1/2023).

Baca juga: Tim Kecil Koalisi Perubahan Bertemu di Kediaman Anies, Sepakat Deklarasi Bersama

Menurut anggota Tim Kecil, Sudirman Said menyambut baik langkah Partai Demokrat karena akan membuat syarat presidential threshold dapat terpenuhi. "Tentu yang paling baru kita ketahui bahwa kemarin Ketum Demokrat AHY telah mengeluarkan rilis resmi mendukung pencalonan Bapak Anies Baswedan, itu sebagai progres karena dengan begitu kita sudah mendekati 20% tinggal 1 lagi insyaAllah teman dari PKS menyusul," kata Sudirman Said.

Ia menjelaskan, ketiga partai politik bersepakat memberi kepercayaan kepada bakal capres untuk memilih calon pasangannya. "Ini semua merupakan dinamika yang patut disyukuri," katanya.

Sekjen DPP Partai Demokrat, Tengku Riefky berharap PKS segera mengikuti jejak Partai Nasdem dan Demokrat untuk segera mendeklarasi dukungan. Harapannya akan membentuk simpatisan baik di level partai maupun akar rumput.

"Alhamdulillah ketum (AHY) menyampaikan posisinya secara terang-benderang terkait mengusung Pak Anies. Harapan kami 3 partai segera menandatangani dukungan untuk Pak Anies, ini terus kami dorong hingga deklarasi 20%, sehingga bisa segera diglorifikasi rakyat yang mendukung perubahan," katanya.

Baca juga: Elite Politik 3 Parpol Sambangi Rumah Anies Baswedan Siang Ini, Bahas Apa?

Sementara itu, anggota Tim Kecil dari PKS, Sohibul Iman mengatakan, partainya mengapresiasi langkah Partai Demokrat yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024. Sampai saat ini PKS sedang mematangkan dukungan melalui proses internal partai.

"Saya apresiasi kepada partai Demokrat yang ketumnya sudah menyampaikan sikap dukungan terhadap Pak Anies, seperti sudah disampaikan itu masalah deklarasi partai per partai tergantung proses internal masing-masing partai dan kami menghormati hak tersebut," katanya.

"Saya pastikan PKS dukung Pak Anies karena saya terus di Tim Kecil ini dan saya merupakan utusan resmi partai. Jadi kalau saya terlibat di tim ini, maka artinya kami tetap mendukung Pak Anies," katanya.

Dalam kesempatan tersebut tim kecil juga bersepakat untuk mempersiapan deklarasi bersama pada waktunya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3140 seconds (0.1#10.140)