Capaian Erick Thohir Dinilai Jadi Modal Cawapres 2024

Sabtu, 04 Februari 2023 - 21:33 WIB
loading...
Capaian Erick Thohir Dinilai Jadi Modal Cawapres 2024
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto/Dok MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Capaian Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir selama ini dinilai bisa menjadi modal dirinya sebagai calon wakil presiden (cawapres) 2024. Erick merupakan salah satu figur nonparpol yang namanya masuk bursa kandidat Pilpres 2024 di sejumlah lembaga survei.

“Saya pikir Pak Erick Thohir sangat cocok untuk membawa Indonesia menjadi negara maju," kata Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino, Sabtu (4/2/2023).

Situasi tersebut dinilai dapat dilihat dari hadirnya berbagai inovasi Erick Thohir. Inovasi tersebut dianggap menjadikan Erick Thohir sebagai figur pemimpin yang mempercepat kemajuan.



Atas dasar itu, dia menilai, kehadiran Erick Thohir dalam pucuk kepemimpinan sangat diperlukan untuk Indonesia ke depan. Terutama, dalam upaya mendorong hadirnya berbagai kemajuan.

“Saya pikir Pak Erick Thohir sangat cocok untuk membawa Indonesia menjadi negara maju," katanya.

Hasilnya terbukti berkat transformasi BUMN Erick Thohir, pendapatan BUMN mengalami peningkatan signifikan dari Rp13 triliun menjadi Rp124 triliun. Di kuartal III 2022, laba BUMN sudah tercatat sebesar Rp155 triliun.

Diberitakan sebelumnya, Erick Thohir masuk dalam jajaran figur potensial cawapres 2024 berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia bertajuk Pacuan Kuda Elektabilitas Bakal Capres dan Peta Kekuatan Elektoral Partai Pasca-Deklarasi di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Erick merupakan salah satu figur yang mengalami kenaikan dukungan sejak Agustus 2022. Sementara nama lain cenderung mengalami penurunan.

Hasil survei Indikator terbaru, kata Burhan, tren Erick meningkat dari 8,5% pada riset Juni 2022. Dalam simulasi 18 nama, 9,6% responden memilih mantan Presiden Inter Milan tersebut sebagai cawapres. Erick yang menjadi salah satu menteri dengan kinerja terbaik dan menjadi kesayangan Presiden Jokowi, juga memiliki basis massa yang solid dengan ragam latar belakang.

Sementara itu, hasil survei Poltracking Indonesia yang dirilis pada Kamis (22/12/2022) menemukan nama Erick Thohir sebagai cawapres terkuat di Pilpres 2024. Erick Thohir meraih elektabilitas tertinggi dari figur lainnya.

Berdasarkan hasil temuan survei, elektabilitas Erick Thohir kokoh berada di posisi teratas dengan persentase sebesar 16.2% yang diikuti Ridwan Kamil 15.1%. Kemudian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 12.0% serta Sandiaga Salahuddin Uno 9.4%.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyampaikan, pelaksanaan Pilpres 2024 menjadi ajang pertarung elektoral yang terbuka membuat figur potensial seperti Erick Thohir berpeluang besar.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)