Kapan 3 Ketum Parpol Teken Keputusan Resmi Usung Anies? Demokrat: Tidak Akan Lama Lagi

Selasa, 31 Januari 2023 - 11:12 WIB
loading...
Kapan 3 Ketum Parpol Teken Keputusan Resmi Usung Anies? Demokrat: Tidak Akan Lama Lagi
Anies Baswedan. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Anies Baswedan diusung sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pilpres 2024 oleh tiga partai yakni Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS. Deklarasi resmi pencapresan Anies akan digelar dalam waktu dekat.

"Kapan deklarasi resmi ketiga partai yang akan ditandatangani masing-masing ketua umum partai akan dilakukan? Yang pasti jawabannya tidak akan lama lagi," ujar Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution dalam video yang dikirim kepada SINDOnews, Selasa (31/1/2023).

Menurut Syahrial, setiap hari Tim Kecil Koalisi Perubahan terus melakukan komunikasi yang sangat intens dan mencapai kemajuan. "Kepada segenap masyarakat Indonesia, marilah kita merapatkan barisan, karena sejak awal pembentukan koalisi ini membutuhkan waktu, pemikiran, tenaga, dan berbagai macam energi sehingga Koalisi Perubahan ini bisa terbentuk. Dan tentu jangan lupa, banyak juga yang berusaha ingin menggagalkan Koalisi Perubahan yang digagas oleh Demokrat, Nasdem, dan PKS."

Diberitakan sebelumnya, PKS resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bacapres pada Pilpres 2024. Pengamat politik Jerry Massie menilai keputusan ini akan mempercepat pengumuman Koalisi Perubahan. "Saya pikir ini akan mempercepat pengumuman Koalisi Perubahan bersama koleganya yakni Demokrat dan Nasdem," ujar Jerry kepada SINDOnews, Selasa (31/1/2023).

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) ini mengatakan, dengan adanya dukungan PKS, posisi Anies sebagai capres 2024 semakin aman. Sebelumnya, Partai Nasdem dan Partai Demokrat juga telah mendukung mantan orang nomor 1 di DKI Jakarta tersebut. "Ambang batas 20 persen PT sudah terpenuhi, jadi saya pikir Anies maju pilpres bukan isapan jempol. Isu yang beredar luas di medsos Anies tak dapat partai pengusung terjawab sudah," katanya.

Diketahui, Wakil Ketua Majelis Syura PKS M Sohibul Iman kemarin resmi mengumumkan dukungan PKS kepada Anies Baswedan. PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada Anies sebagai Bacapres 2024-2029 pada rapat BPMS PKS yang bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP PKS pada 24 Fabruari 2023. "Meski demikian tidak tertutup kemungkinan terjadi percepatan sesuai dengan dinamika politik yang berkembang terutama setelah Ketua Majelis Syura dan Presiden PKS kembali ke Tanah Air pada 3 Februari 2023," ujar Iman.



Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menyampaikan ucapan syukur karena kerja Tim Kecil Koalisi Perubahan ini membuahkan hasil. Dengan demikian, tiket Pilpres 2024 untuk Anies sudah dalam genggaman.

Terkait kelanjutan koalisi ini, Willy menjelaskan, harus diikuti dengan deklarasi masing-masing parpol, kemudian dilakukan deklarasi bersama untuk mengusung Anies di Pilpres 2024. "Ya tentu akan diikuti deklarasi oleh masing-masing partai dulu, abis itu baru momentum deklarasi bersama,” terang Willy.

(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)